Peningkatan okupansi ini didorong oleh kenaikan jumlah kunjungan wisatawan, beragam promo menarik
Jakarta (ANTARA) - Anak perusahaan PT Hotel Indonesia Natour (HIN) atau InJourney Hospitality yakni PT Hotel Indonesia Group (HIG) mengalami peningkatan hunian kamar selama periode libur Idul Fitri 1445 H.
 
HIG mencatat terdapat pertumbuhan jumlah tingkat hunian sebesar 15 persen dibandingkan dengan Libur Hari Raya Idul Fitri 2023.
 
"Peningkatan okupansi ini didorong oleh kenaikan jumlah kunjungan wisatawan, beragam promo menarik, perbaikan layanan serta fasilitas yang tersedia di masing-masing unit hotel sehingga mampu menarik wisatawan untuk menghabiskan momen libur Lebaran di hotel jaringan HIG," ujar Direktur Operasi & Portofolio Bisnis HIN M. Ariadevi Hermaini di Jakarta, Rabu.
 
Adapun jaringan HIG region Jawa berada pada posisi pertama untuk tingkat hunian selama libur Idul Fitri. Hotel Khas Pekalongan mencatatkan sebesar 96 persen okupansi, selanjutnya Inna Tretes dengan tingkat hunian sebesar 95 persen dan The Manohara Yogyakarta Hotel dan Lafayette Boutique Hotel Yogyakarta sebesar 92 persen dengan pertumbuhan tingkat hunian terjadi selama periode 10-14 April 2024.
 
Tingkat hunian kedua yakni Region Bali, dengan tingkat hunian tertinggi adalah Inna Sindhu Beach sebesar 95 persen, Truntum Kuta dengan tingkat hunian sebesar 91 persen dan Merusaka Nusa Dua sebesar 81 persen.
 
Region Bali menunjukkan pertumbuhan tingkat hunian sebesar 9 persen selama Idul Fitri 2024 dibandingkan tahun 2023.
 
Sementara untuk region Sumatra, tingkat hunian tertinggi yaitu Khas Parapat Hotel sebesar 96 persen. Hotel bintang tiga yang terletak di Parapat dengan view langsung ke Danau Toba ini juga mengalami peningkatan 16 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
 
Hotel region Nusa Tenggara dilaporkan mengalami peningkatan tingkat hunian signifikan dengan leading Meruorah Komodo Labuan Bajo sebesar 83 persen. Hotel bintang 5 ini juga mengalami pertumbuhan tingkat hunian sebesar 14 persen dibandingkan libur Idul Fitri 2023.
 
Hal serupa juga terjadi di region Kalimantan dan Sulawesi yang mengalami pertumbuhan tingkat hunian sebesar 24 persen dengan tingkat hunian tertinggi yaitu Yulia Hotel Gorontalo. Tingkat hunian hotel bintang 3 ini sebesar 80 persen selama periode 10-14 April 2024.

Baca juga: Puncak okupansi HIG pada 10-11 April dengan peningkatan 8 persen
Baca juga: Tingkat hunian jaringan hotel BUMN meningkat saat libur Natal 2023

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024