Saya menyambut baik MoU Kerja Sama Antar-parlemen dan berharap dapat memperkuat kemitraan melalui pertukaran informasi, peningkatan kapasitas, dan pertukaran delegasi antar parlemen
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Ketua Majelis Nasional Vietnam Vuong Dinh Hue di Lotus Room, National Assembly, Hanoi, Vietnam, Jumat.

Menurut keterangan yang diterima di Jakarta, dalam pertemuan tersebut, Kepala Negara membahas peningkatan kerja sama Indonesia-Vietnam di berbagai bidang.

Salah satu kerja sama yang dibahas yaitu dalam bidang energi terbarukan. Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi terhadap komitmen investasi VinFast senilai 1,2 miliar dolar AS untuk pembangunan ekosistem mobil listrik dan baterai di Indonesia.

"Saya mengharapkan dukungan Yang Mulia untuk mendorong kebijakan akselerasi transisi energi dan kemandirian industri energi terbarukan serta realisasi joint production baterai EV antara VinFast dengan PT IBC," ujar Presiden.

Selain itu, pertemuan tersebut juga membahas kerja sama perikanan Indonesia-Vietnam.

Baca juga: Jokowi diajak Presiden Vietnam saksikan pertunjukan seni dan silat

Baca juga: RI-Vietnam menyepakati target perdagangan 15 miliar dolar AS pada 2028


Presiden Widodo mengharapkan dukungan Majelis Nasional Vietnam dalam melancarkan proses ratifikasi dan mendorong pemerintah menyelesaikan perundingan sehingga dapat menghasilkan kerja sama konkret melalui MoU Kerja Sama Perikanan yang mengedepankan hukum internasional dan hukum nasional masing-masing.

Terakhir, Presiden Jokowi dan Ketua Majelis Vietnam juga membahas terkait kerja sama antar-parlemen. Presiden mengapresiasi MoU Kerja Sama Antar-parlemen dan berharap komitmen tersebut dapat meningkatkan kemitraan kedua negara.

"Saya menyambut baik MoU Kerja Sama Antar-parlemen dan berharap dapat memperkuat kemitraan melalui pertukaran informasi, peningkatan kapasitas, dan pertukaran delegasi antar parlemen," tutur Presiden.

Baca juga: Menlu Retno: Kunjungan Presiden Jokowi ke Vietnam sangat strategis

Turut mendampingi Presiden dalam pertemuan tersebut yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Gandi Sulistiyanto, dan Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Denny Abdi.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024