Adelaide, Australia, (ANTARA/PRNewswire) - Hari ini Amp Energy ("Amp" atau "Perusahaan") mengumumkan perpanjangan Perjanjian Kerangka Kerja Strategis selama tiga bulan dengan Iron Road Ltd, sebagai Pengembang Utama untuk proyek Cape Hardy Green Hydrogen. Perpanjangan ini diharapkan dapat memberikan waktu ekstra yang memadai untuk menyelesaikan dan melaksanakan Dokumen Transaksi terkait proyek tahap selanjutnya.

Proyek Cape Hardy Green Hydrogen terdiri dari dua tahap pengembangan: Tahap I mencakup kapasitas elektroliser 5 GW dan menghasilkan lebih dari 5 juta ton amonia ramah lingkungan per tahun, tahap awalnya berkapasitas 1 GW. Kapasitas tahap kedua proyek ini akan menjadi dua kali lipat, yaitu 10 GW. Dalam sembilan bulan terakhir, Amp dan Iron Road juga membahas perluasan tujuan proyek Cape Hardy Green Hydrogen untuk mencakup kawasan manufaktur industri yang berpusat pada rantai nilai hidrogen & mineral ramah lingkungan. Hal ini tergantung pada pengaturan komersial yang memuaskan dan pembentukan konsorsium mitra pembangunan. Amp bersama Iron Road telah menyelesaikan Perencanaan Induk awal di kawasan Cape Hardy yang menggabungkan pasokan elektroliser, desalinasi air, pabrik amonia, dan semua fasilitas tambahan.

Selama periode Perjanjian Kerangka Kerja Strategis, proyek Cape Hardy Green Hydrogen telah dipelajari dan ditinjau oleh dua perusahaan teknik terkemuka di dunia ketika memasuki tahap pra Front-End Engineering Design (pra-FEED). Amp masih terus melakukan pembicaraan lanjutan dengan banyak pemilik lahan di Eyre Peninsula, pengembang energi pihak ketiga, dan ahli jaringan transmisi untuk mendapatkan dan menyalurkan pasokan energi terbarukan guna mendorong biaya amonia termurah untuk perjanjian pembelian domestik dan ekspor. Pembicaraan yang sedang berlangsung dengan mitra perjanjian pembelian ekspor dan domestik, pemodal dan dewan lokal di Semenanjung Eyre menegaskan kuatnya minat dan dukungan penuh terhadap proyek tersebut. Analisis indikatif ekonomi di tahap l Pra Studi Kelayakan (rekayasa kelas 5) mendukung biaya hidrogen rata-rata non subsidi sekitar AS$3/kg-H2. Setara dengan biaya rata-rata amonia ramah lingkungan sebesar AS$600/ton. Penetapan biaya ini sejalan dengan tahapan proyek dan tergantung pada desain berkelanjutan dan optimalisasi ekonomi, yang akan mencerminkan gambaran komersial dan pasar yang terus berkembang.

Berkat dukungan tanpa henti dari Barngarla Determination Aboriginal Corporation RNTBC ("BDAC"), Amp yakin bahwa proyek Cape Hardy Green Hydrogen akan menghasilkan pertumbuhan ekonomi lokal yang signifikan dan peluang kerja, termasuk 1.500 pekerjaan konstruksi, teknik dan jasa, dan lebih dari 300 pekerjaan penuh waktu.

Untuk pelaksanaan hilir proyek Cape Hardy Green Hydrogen, Amp merekrut Thyl Kint sebagai Direktur Proyek. Thyl memiliki pengalaman global selama 40 tahun dan bertanggung jawab atas belanja modal proyek energi lebih dari AU$20 miliar atas nama berbagai perusahaan global seperti BHP Petroleum, BP, BW Offshore, Kerr McGee, Santos, Shell, dan IFC (bagian dari Bank Dunia).

"Kami melihat peningkatan kualitas dari rekanan strategis global yang ingin bermitra dengan proyek berskala besar. Kami percaya, proyek Cape Hardy Green Hydrogen memiliki posisi strategis sebagai salah satu proyek hidrogen andalan Australia," kata Paul Ezekiel, Presiden dan pendiri Amp.

Menurut Menteri Energi dan Pertambangan Tom Koutsantonis, "Kemajuan kuat yang dicapai oleh proyek Cape Hardy Green Hydrogen mencerminkan momentum kebangkitan industri hidrogen di Australia Selatan. Selain menciptakan ribuan lapangan kerja bagi warga Australia Selatan, proyek seperti fasilitas di Cape Hardy ini berkontribusi pada tujuan emisi nol bersih (net zero) yang dicanangkan oleh pemerintah kita dan memperkuat perekonomian negara. Hidrogen terbarukan berperan penting seiring transisi dunia menuju masa depan dekarbonisasi, dan Australia Selatan siap memanfaatkan peluang ini."

Tentang Amp

Amp Energy adalah platform pengembangan transisi energi yang kuat di dunia yang menghadirkan energi terbarukan, penyimpanan baterai, dan hidrogen berskala besar, bersama fleksibilitas jaringan listrik berkemampuan AI melalui platform Amp X miliknya. Sejak didirikan 14 tahun lalu, Amp telah mengembangkan dan membangun aset 3GW di seluruh dunia; dan aset 4GW sedang dalam pengembangan atau konstruksi tahap akhir. Amp didukung oleh investasi besar dari para mitra modal institusi, termasuk perusahaan ekuitas swasta global Carlyle Group, yang telah berinvestasi lebih dari AS$440 juta. Perusahaan ini beroperasi di seluruh dunia di Amerika Utara, Inggris, Australia, Jepang, dan Spanyol.

Amp X telah mengembangkan platform digital grid edge yang disruptif sehingga semua bentuk pembangkitan dan beban terdistribusi dapat memberikan kontribusi dinamis pada sistem energi sebagai unit individu maupun kelompok aset gabungan, sehingga memberikan fleksibilitas, ketahanan, dan stabilitas sistem dengan biaya serendah mungkin.

Untuk informasi lebih jauh: harap kunjungi amp.energy

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024