Kabul (ANTARA) - Gempa bumi bermagnitudo 6,4 mengguncang Afghanistan utara pada Kamis (11/1), namun belum ada korban jiwa atau kerusakan yang dilaporkan.

Gempa tersebut terjadi pada pukul 13.57 waktu setempat, dengan pusat gempa berada di Distrik Jurm di Provinsi Badakhshan, Afghanistan utara.
 
    Foto yang diambil pada 11 Januari 2024 ini memperlihatkan suasana kota Faizabad, ibu kota provinsi Badakhshan, Afghanistan.

USGS menyebutkan bahwa pusat gempa dengan kedalaman 206,6 km tersebut awalnya ditetapkan di koordinat 36,51 derajat lintang utara dan 70,60 derajat bujur timur. 

Gempa bumi tersebut juga dirasakan di provinsi-provinsi tetangga Badakhshan, yakni Takhar, Kunduz, Balkh, Baghlan, dan Samangan, serta di provinsi Laghman dan Nangarhar di Afghanistan timur.
 
.Foto yang diabadikan pada 11 Januari 2024 ini memperlihatkan kehidupan sehari-hari warga Kota Faizabad, ibu kota Provinsi Badakhshan, Afghanistan. (Xinhua/Ahmad)

Di Kabul, ibu kota Afghanistan, penduduk setempat yang merasakan guncangan gempa tersebut langsung berlarian ke jalan untuk menghindari kemungkinan robohnya rumah dan apartemen mereka.

Para pejabat, termasuk mereka yang bertugas di badan penanggulangan bencana nasional, belum merilis laporan mengenai kemungkinan adanya korban jiwa.
 
Foto yang diabadikan pada 11 Januari 2024 ini memperlihatkan kehidupan warga setempat di Kota Faizabad, ibu kota Provinsi Badakhshan, Afghanistan. (Xinhua/Ahmad)

Sementara itu, Pusat Pemantauan Seismik Nasional Pakistan mengatakan bahwa gempa bumi bermagnitudo 6,0 mengguncang beberapa kota, dengan pusat gempa terletak di wilayah Hindu Kush di Afghanistan.

Guncangan gempa tersebut dirasakan di beberapa wilayah di Provinsi Khyber Pakhtunkhwa di Pakistan barat laut, Provinsi Punjab di Pakistan timur, serta Islamabad, ibu kota federal Pakistan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024