Tetapi kita tetap optimis bisa pertahankan gelar
Jakarta (ANTARA News) - Cabang olahraga gulat Indonesia menargetkan minimal meraih empat medali emas pada ajang SEA Games 2013 di Myanmar Desember mendatang.

"Target minimal mempertahankan peraihan pada SEA Games 2011 lalu, minimal empat medali emas," kata Pelatih Pelatnas Gulat, Buyamin, ditemui di tempat pemusatan latihan gulat di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa.

Pada SEA Games 2011 yang digelar di Palembang dan Jakarta, atlet gulat Indonesia mempersembahkan empat medali emas dari kelas grigo 60 kg, 66 kg, gaya bebas putra 50 kg, dan gaya bebas putri 63 kg selain empat medali perak dan lima medali perunggu.

Buyamin tetap optimistis Indonesia bisa memenuhi target meskipun atlet yang akan tampil hanya 12 orang, berkurang satu atlet karena kuota yang dibatasi oleh tuan rumah.

"Kita ikut 12 kelas untuk 3 nomor dari 21 nomor yang dipertandingkan. Karena masing-masing nomor yaitu grigo, gaya bebas putra, dan gaya bebas putri dibatasi empat atlet. Ini memang hak tuan rumah," jelas Buyamin.

"Tetapi kita tetap optimis bisa pertahankan gelar," tambahnya.

Indonesia akan mengirimkan 12 atlet antara lain nomor Grigo yakni Suparmanto (55 kg), M. Aliansyah (60 kg), Rustang (66 kg), Khusno Hadi Saputra (74 kg). Nomor gaya bebas putra antara lain Eko Roni (55 kg), M. Iqbal (60 kg), M. Riki Fajar (66 kg), Fahriansyah (74/84 kg). Sedangkan gaya bebas putri yakni Inadrah (48 kg)n Heka Mayasari (51 kg), Eka Setiawati (55 kg), Rida Wahdiniyati (59 kg).

Sebanyak 12 atlet tersebut disaring lewat seleksi yang ketat. Indonesia yang mewaspadai tim Vietnam. Thailand dan Filipina berencana melakukan uji coba di Rumania pada Oktober mendatang.

Sementara sehari-hari atlet menjalani latihan pagi untuk meningkatkan kekuatan fisik dan sore untuk teknik.

"Sebelumnya mau uji coba di Kejuaraan Dunia di Hungaria tetapi tidak bisa ikut karena atlet kita sebelumnya tidak mengikuti Kejuaraan Asia di India. Ini rencananya akan uji coba di Rumania, ikut Kejuaraan Nasional tetapi masih urus administrasi," jelas Ketua Komisi Pelatih, Sumarlani.

Pewarta: Monalisa
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013