Surabaya, Jawa Timur (ANTARA) -
Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memastikan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi atau yang akrab disapa Cak Eri, sudah masuk menjadi Tim Pemenangan Daerah (TPD) Jawa Timur Ganjar-Mahfud.

Ia menegaskan posisi Eri sebagai TPD itu tidak terpengaruh akibat masuknya Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, sebagai tim pemenangan pasangan calon Prabowo-Gibran.
 
“Oh enggak, karena Cak Eri sudah jadi timnya Ganjar-Mahfud ya, Dia sudah jalan sendiri. Kan Cak Eri kader partai (PDIP),” tegas Ganjar, usai haul ayahanda Eri Cahyadi, di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu.

Baca juga: Mahfud tanggapi pengancam Anies telah ditangkap

Baca juga: Ganjar tegaskan tuduhan TKN soal posko buatan Mahfud tidak beralasan
 
Ganjar menambahkan, mereka dalam posisi adil sehingga siapapun boleh punya pilihan masing-masing dan sangat menghormati hal itu.
 
Ia mengatakan keakraban dirinya dan Eri sudah lama terbangun, bahkan Eri pernah menziarahi makam orangtuanya, ayah, ibu serta sang kakek. “Jadi Cak Eri ini dilihat dari zuriahnya kayak kyai gitu, jadi luar biasa. Itu yang mengikat saya sebagai seorang sahabat begitu, itu relasi kami,” tegas dia.

Komisi Pemilihan Umum pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024