Ini adalah event Ngupee pertama di tahun 2024 di Kota Semarang.
Semarang (ANTARA) - PT Pos Indonesia menggelar kegiatan Program Ngumpul Bareng Seller Shopee (Ngupee) PosAja untuk membekali kalangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) strategi dalam berbisnis online.

Kegiatan "Ngupee PosAja" yang merupakan kerja sama Pos Indonesia dan Shopee itu berlangsung di Kampus UMKM Shopee Semarang, Jawa Tengah, Sabtu, diikuti sekitar 100 pelaku UMKM di wilayah Jateng.

Vice President (VP) Marketing Retail Business Pos Indonesia Ari K Wibowo menyampaikan bahwa PosAja mendukung pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya melalui channel digital.

Ia menjelaskan bahwa Ngupee adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh PosAja bersama Shopee untuk membantu para UMKM atau seller di Indonesia dalam mengembangkan usaha dan bisnis di era teknologi digital.

"Ini adalah event Ngupee pertama di tahun 2024 di Kota Semarang. Antusiasme para pelaku UMKM ini sangat luar biasa, yang menandakan bahwa mereka perlu dibantu dalam hal kemampuan jualan 'online'," katanya pula.

Lewat kegiatan itu, kata dia lagi, para pelaku UMKM mendapatkan bimbingan dan edukasi langsung dari "trainer", sehingga memiliki peningkatan kemampuan dalam menjalankan bisnis secara online.

Beberapa materi yang disampaikan, antara lain teknik berjualan dan promosi produk, kiat-kiat berjualan secara "live" melalui aplikasi, kemudian "sharing best practice logistics" dalam hal pengiriman, dan pengelolaan produk, baik domestik maupun ekspor.

Kegiatan Ngupee bersifat gratis dan tidak dipungut biaya, dan rencananya akan dilakukan rutin setiap bulannya di beberapa kota lainnya di Indonesia.

"UMKM atau 'seller' yang hadir juga akan mendapatkan beberapa benefit lainnya, di antaranya mendapatkan 'merchandise' menarik serta 'promo cashback' atau diskon ongkir (ongkos kirim) hingga 20 persen dari Pos Indonesia," katanya pula.

Diskon ongkos kirim, kata Ari, diberikan Pos Indonesia untuk membantu para pelaku UMKM mengirimkan produknya ke seluruh wilayah baik domestik maupun internasional.

Saat ini, Pos Indonesia memiliki 42 kantor cabang utama, 168 kantor cabang, dan 4.308 kantor cabang pembantu dengan jangkauan hampir di seluruh kecamatan di Indonesia, serta terhubung juga dengan 220 negara di dunia.

"Program ini sejalan dengan program Pos Indonesia untuk meningkatkan kapabilitas UMKM Indonesia melalui berbagai program edukasi terkait pengelolaan logistik sebagai salah satu kunci sukses dalam berbisnis secara online," katanya lagi.
Baca juga: PosAja! salurkan bantuan logistik untuk korban gempa di Cianjur
Baca juga: Rhenald Kasali memaparkan keberhasilan transformasi Pos Indonesia

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024