Kota Sukabumi juga memiliki potensi alam yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan wisata alam salah satunya Sungai Cimandiri...
Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji mengatakan dari hasil penelusuran potensi alam yang dilakukannya bersama unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi banyak potensi yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan wisata.

"Ternyata Kota Sukabumi juga memiliki potensi alam yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan wisata alam salah satunya Sungai Cimandiri yang memiliki potensi untuk dijadikan wisata arung jeram," kata Kusmana, di Sukabumi, Sabtu.

Kusmana optimistis jika dikelola dengan baik potensi alam ini menjadi destinasi wisata yang dapat menarik wisatawan domestik hingga mancanegara, bahkan diyakini jumlah wisatawan yang datang ke daerah berjuluk Kota Mochi ini akan meningkat drastis.

Ia pun telah merasakan langsung aliran Sungai Cimandiri yang berada di wilayah Kota Sukabumi, ternyata arusnya cocok dijadikan untuk sarana wisata atau pun olahraga arung jeram. Ke depan pihaknya ingin potensi untuk segera dimanfaatkan dan termanfaatkan, karena dampak positif yang bisa langsung dirasakan khususnya warga sekitar adalah kegiatan ekonomi.

Karena itu, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sukabumi untuk segera membuat perencanaan terkait pemanfaatan Sungai Cimandiri untuk dijadikan destinasi wisata.

"Saya optimistis destinasi wisata arung jeram di Sungai Cimandiri bisa menjadi andalan dan daya tarik dunia pariwisata Kota Sukabumi. Bahkan diyakini bisa mendatangkan investor," ujarnya pula.

Kusmana mengatakan sebenarnya Kota Sukabumi memiliki potensi alam yang bisa dikembangkan dan tidak kalah oleh daerah lain dan menjadi sesuatu yang menjanjikan ke depan. Dengan turun langsung ke lokasi-lokasi yang memiliki potensi alam membuka peluang-peluang investasi.

Dengan upaya yang tepat tentunya potensi alam aliran Sungai Cimandiri dapat dinikmati oleh masyarakat termasuk wisatawan yang datang dari berbagai daerah, bahkan bisa menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara.
Baca juga: Polres Sukabumi perkuat pengamanan di pusat keramaian
Baca juga: Pemkab Sukabumi kenalkan wisata gurilapss

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024