Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji mengatakan keberadaan perusahaan umum daerah (perumda) ikut berperan dalam percepatan pemerataan pembangunan di Kota Sukabumi, Jawa Barat.
 
"Pemkot Sukabumi memiliki cukup banyak perumda yang bergerak di berbagai bidang usaha seperti perbankan, pelayanan jasa, perdagangan, wisata dan lainnya. Keberadaanya memberikan kontribusi positif bagi pembangunan Kota Sukabumi," kata Penjabat Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji di Sukabumi pada Senin, (18/12).
 
Menurut Kusmana, perumda dibentuk semata-mata untuk membantu Pemerintah Kota Sukabumi untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dalam upaya percepatan pembangunan.
 
Tidak hanya itu saja, perumda hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memanfaatkan potensi yang ada serta membantu perekonomian warga, salah satunya Perumda BPR Sukabumi yang juga berperan membantu pelaku usaha khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Kota Sukabumi dalam hal permodalan.
 
Untuk itu, para pimpinan hingga staf yang bertugas di perumda harus benar-benar mendukung program pemerintah dan membantu masyarakat. Jangan sampai keberadaannya menjadi beban pemerintah atau merugi karena tidak profesional dalam pengelolaan dan lainnya.
 
"Kami terus mendorong seluruh perumda agar bisa selalu sehat dan pendapatannya meningkat dari waktu ke waktu dan semakin banyak warga yang terbantu," tambahnya.
 
Di sisi lain, Kusmana mengatakan dari hasil kunjungan ke beberapa perumda hasilnya dalam kondisi sehat dan pelayanannya pun baik. Tetapi pihaknya mengimbau, agar pelayanan kepada masyarakat terus ditingkatkan.
 
Kemudian, mendukung perekonomian masyarakat dan dari hasil laporan neraca keuangan masuk dalam kategori sehat. Namun demikian, perumda harus tetap efisien dan efektif dalam menggunakan anggaran.

Baca juga: Perumda Pasar Bogor luncurkan pasar gratis sewa lapak bagi pedagang

Baca juga: Perumda Dharma Jaya perluas produk hewani dengan menambah tiga gerai

Pewarta: Aditia Aulia Rohman
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023