Pasar Jambu Dua ini menampung pedagang eksisting di Pasar Jambu Dua dan pedagang eksisting pedagang basah Pasar Bogor.
Kota Bogor (ANTARA) - Perumda Pasar Pakuan Jaya (PPJ) Kota Bogor, Jawa Barat, mencanangkan Pasar Jambu Dua dan Pasar Gembrong Sukasari yang sedang dibangun, sebagai pasar bersih.

Direktur Utama (Dirut) Perumda PPJ Jenal Abidin di Kota Bogor, Jumat, menyampaikan revitalisasi dua pasar ini dilakukan untuk memuliakan para pedagang dengan berbagai fasilitas dan kemudahan.

Untuk Pasar Jambu Dua, Jenal menyebut, akan ditempati oleh pedagang eksisting Pasar Jambu Dua dan pedagang produk basah Pasar Bogor.

“Pasar Jambu Dua ini menampung pedagang eksisting di Pasar Jambu Dua dan pedagang eksisting pedagang basah Pasar Bogor,” ujarnya.

Baca juga: Pemkab Kediri bangun Pasar Ngadiluwih

Pasar Jambu Dua terletak di Jalan Jenderal Ahmad Yani No.83, Kelurahan Tanah Sareal. Di pasar ini komoditas utamanya ialah sembako, sayur-mayur, daging, buah-buahan, emas, pakaian dan elektronik.

Lorong Pasar Jambu Dua, Kota Bogor, yang dicanangkan jadi pasar bersih. (ANTARA/Diskominfo Kota Bogor)
Pasar ini memiliki total kios dan los sebanyak 1.141 unit, yang beroperasional selama 24 jam dilengkapi tempat parkir.

Jenal mengatakan, saat ini pasar bisa diakses dari Jalan Pajajaran lalu masuk ke arah kiri langsung masuk pasar, dan keluar di jalan Ahmad Yani.

“Kami ingin ada akses dua arah, sedang kami diskusikan dan dikomunikasikan dengan dinas terkait, termasuk dengan pengembang Pasar Jambu Dua,” kata Jenal.

Baca juga: Pemkot dan 150 pedagang kaji revitalisasi pasar 16 Ilir Palembang

Menurutnya untuk kelebihan pasar Jambu Dua ini lebih representatif dibanding sebelumnya. Ke depan pasar ini akan lebih nyaman, dengan keamanan lebih terjamin karena dipantau CCTV dan petugas keamanan selama 24 jam.

“Ke depan pasar ini menjadi pasar 24 jam. Jadi setelah Pasar Tekum, pasar induk terbesar di Kota Bogor itu Pasar Jambu Dua,” jelasnya.

Rancangan Pasar Gembrong Sukasari, Kota Bogor, yang dicanangkan jadi pasar bersih. (ANTARA/Diskominfo Kota Bogor)
Sementara itu, Pasar Gembrong Sukasari terletak di Jalan Siliwangi nomor 35, Kelurahan Sukasari. Melihat posisi pasar, Jenal  mengatakan ingin ada rerouting angkutan kota (angkot) agar bisa masuk ke area pasar.

Komoditas utama dari Pasar Gembrong Sukasari ialah sembako, sayur-mayur, daging, buah-buahan, emas, pakaian dan elektronik. Untuk jumlah kios dan los ada 630 unit yang beroperasi 24 jam, termasuk area bermain di dalamnya dan dilengkapi tempat parkir.

“Yang jelas kami ingin Pasar Gembrong Sukasari itu dikelola secara modern meskipun pasar rakyat,” ujarnya.

Baca juga: Anggaran revitalisasi pasar di Kemendag turun jadi Rp75 miliar

Lorong Pasar Jambu Dua, Kota Bogor, yang dicanangkan jadi pasar bersih. (ANTARA/Diskominfo Kota Bogor)
Jenal menyebut, progres pembangunan Pasar Jambu Dua kurang lebih sudah 80 persen, dan Pasar Gembrong Sukasari kurang lebih  78 persen.

“Mudah-mudahan Pasar Jambu Dua bisa diresmikan 18 April dan untuk Pasar Gembrong Sukasari untuk selesai semua mungkin di bulan Mei, tapi untuk soft launching bisa di akhir April,” katanya. 

Pewarta: Shabrina Zakaria
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024