Jadi memang ada beberapa poin yang harus kita persiapkan. Jadi tidak semudah itu bikin jalan alternatif baru
Kota Bogor (ANTARA) - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat, berupaya menyediakan akses baru untuk warga menuju Pasar Jambu Dua, Kecamatan Bogor Utara, Kota Bogor, karena jalan yang selama ini tersedia akan ditutup permanen.

“Jadi memang ada beberapa poin yang harus kita persiapkan. Jadi tidak semudah itu bikin jalan alternatif baru,” kata Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim usai menggelar rapat bersama pengelola Plaza Jambu Dua di Bogor, Jumat.

Ia mengungkapkan saat ini Pemerintah Kota Bogor sedang mempersiapkan akses baru dengan upaya pembebasan lahan, pembuatan turap, hingga pemanfaatan lahan milik pengelola Plaza Jambu Dua yang harus diperdalam lagi.

Dedie menjelaskan, pembebasan lahan harus melewati proses bertahap. Sehingga, ia meminta kepada pengelola Plaza Jambu Dua selaku pemilik lahan akses yang selama ini dilintasi warga, dapat tetap membuka jalan tersebut sampai urusan pembebasan lahan selesai.

Karena, pengelola Plaza Jambu Dua berencana menutup akses jalan yang terhubung dengan Pasar Jambu Dua itu secara permanen pada 30 April 2024.

Rencana penutupan jalan ini dilatarbelakangi rencana pengembangan bisnis Plaza Jambu Dua. Sehingga membutuhkan lahan parkir lebih luas yang berdampak pada penutupan jalan.

“Tetapi penutupan akses dan penambahan lahan parkir ini harus juga dimulai dengan sebuah proses perizinan dan revisi site plan. Jadi kita minta dulu kepada pihak Jambu Dua untuk merevisi site plan dulu apa rencana mereka,” ujar Dedie.

Pemkot Bogor bersama PT Grahaagung Wibawa selaku pengelola Plaza Jambu Dua telah mencapai kesepakatan untuk kembali membuka jalan tembusan dari Pajajaran dan Ciremei Ujung menuju Pasar Jambu Dua tersebut pada Jumat (21/1).

Kesepakatan itu terlaksana setelah Wali Kota Bogor Bima Arya melakukan komunikasi secara intensif dengan manajemen plaza.

Bima Arya telah tiga kali mengunjungi Plaza Jambu Dua setelah penutupan jalan dilakukan akhir tahun 2023. Karena, jalan tersebut status lahannya milik pengelola Plaza Jambu Dua.

Baca juga: Pemindahan pusat pemerintahan Kota Bogor buka peluang lapangan kerja

Baca juga: Pemkot Bogor kaji pemindahan 20 kantor pemerintahan

Baca juga: Pemkot Bogor bahas kembali penyediaan layanan transportasi trem

Pewarta: Shabrina Zakaria/M Fikri Setiawan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024