Jakarta (ANTARA) - Perumda Dharma Jaya menawarkan diskon sebesar tiga persen bagi para "reseller" atau penjual kembali produk mereka melalui program yang sudah dicanangkan sejak Maret 2020 atau awal pandemi COVID-19.

"Jadi produk-produk itu akan kami berikan diskon sebesar 3 persen untuk para 'reseller' sehingga harga yang dijual tidak berbeda dengan harga yang ada di Dharma Jaya," kata Direktur Utama Perumda Dharma Jaya Raditya Endra Budiman dalam seminar daring pada Minggu.

Tak hanya diskon atau potongan harga, para "reseller" juga mendapatkan keuntungan lain seperti mendapatkan pengiriman gratis dari Dharma Jaya dengan ketentuan pembelian minimal Rp1juta dan jarak maksimal 30 kilometer (km) dari lokasi pengiriman Dharma Jaya di Cakung.

Kemudian, mereka mendapatkan tambahan margin dari setiap penjualan produk pada konsumen. Dharma Jaya tidak membatasi bila seandainya para "reseller" menjual dengan harga di atas harga Dharma Jaya.

Baca juga: Dharma Jaya prediksi kenaikan harga daging sapi pada awal HBKN
 
Calon pembeli memilih daging yang dijual di Pasar Senen, Jakarta, Senin (11/3/2024). ANTARA FOTO/Reno Esnir/foc 
Keuntungan lainnya, yakni mereka bisa mendapatkan pelatihan atau edukasi mengenai produk yang dijual serta mendapatkan sarana promosi untuk menarik pelanggan seperti katalog dan lainnya.

Dia menuturkan program "reseller" daging semula diperuntukkan bagi karyawan Dharma Jaya guna menambah penghasilan mereka. Namun, seiring waktu, program ini sudah merambah ke masyarakat di DKI Jakarta.

"Tadinya hanya 50 sekarang sudah menjadi 196 'reseller' yang saat ini terdaftar," tutur dia.

Untuk menjadi "reseller", seseorang atau badan usaha perlu melengkapi sejumlah syarat antara lain mengisi formulir khusus, memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) khusus bagi perorangan dan memiliki tempat untuk menyimpan, memasarkan dan menjual produk dari Dharma Jaya.

"Memerlukan ruangan yang tidak terlalu besar, tergantung dari 'size' yang mau dilakukan (mau jualan berapa banyak), lalu memiliki satu 'freezer' untuk menyimpan barang-barang Dharma Jaya," kata dia.

Baca juga: Dharma Jaya diminta pastikan stok daging aman selama Ramadhan
​​​​​​​
Operasi pasar daging ayam di Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (28/6/2023). ANTARA/HO-Perumda Dharma Jaya/aa.
Terakhir, mereka yang ingin menjadi "reseller" perlu melakukan pembelian awal sebesar Rp3 juta yang tidak terbatas pada daging, tetapi juga lainnya seperti ikan, ayam, daging dan produk turunannya antara lain sosis dan kornet.

Program "reseller" daging tersebut bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar perusahaan, menjaga ketahanan pangan dan stabilitas inflasi DKI Jakarta serta meningkatkan usaha komersial perusahaan.

Lalu mempercepat dalam pembentukan pasar dan menumbuhkan UMKM dalam meningkatkan perekonomian masyarakat DKI Jakarta.
Baca juga: Dharma Jaya tingkatkan stok daging hingga 1.000 ton

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024