Doha (ANTARA) - Pertemuan Jepang dan Vietnam di Stadion Al Thumama, Doha, Minggu, menjadi pertandingan pembuka yang menandai dimulainya persaingan ketat pada Grup D Piala Asia 2023, termasuk Indonesia dan Irak yang tergabung di dalamnya.

Jepang dipastikan menjadi tim yang diunggulkan di Grup D dan diprediksi mampu keluar dari fase penyisihan grup. Catatan tim berjuluk The Samurai Blue itu di Piala Asia tak main-main.

Dari sembilan penampilan di kompetisi sepak bola terbesar se-Asia itu, empat di antaranya mereka menangkan yaitu pada edisi 1992, 2000, 2004, dan 2011.

Rekor tersebut membuat Jepang menjadi negara peserta dengan gelar juara terbanyak di Piala Asia.

Sedangkan Vietnam baru empat kali tampil di Piala Asia, dengan catatan terbaiknya mencapai peringkat keempat pada edisi 1956 dan 1960. Dengan rekor timpang tersebut, kesebelasan yang ditukangi Philippe Troussier itu harus bekerja ekstra untuk mengimbangi permainan Jepang.

Pertandingan hari ini tidak hanya memainkan persaingan di Grup D, namun juga turut diramaikan dengan pertandingan pembuka bagi penghuni Grup C yaitu Uni Emirat Arab melawan Hong Kong dan Iran melawan Palestina.

Tak beda jauh dengan Jepang, Iran juga menjadi unggulan di Grup C dengan jumlah penampilan sebanyak 14 kali di Piala Asia. Jumlah gelar juara yang mereka miliki di turnamen ini juga hanya terpaut satu kali dari Jepang, yang didapat dari edisi 1968, 1972, dan 1976.

Catatan tersebut menjadikan Iran sebagai satu-satunya negara yang mencetak hat trick gelar juara Piala Asia.

Baca juga: Uzbekistan awali Piala Asia 2023 dengan hasil imbang kontra Suriah

Berikut jadwal pertandingan fase penyisihan grup Piala Asia 2023 di Qatar, Minggu:

Grup C
Uni Emirat Arab vs Hong Kong
Khalifa International Stadium (17:30 waktu Qatar)

Iran vs Palestina
Education City Stadium (20.30 waktu Qatar)

Grup D
Jepang vs Vietnam
Al Thumama Stadium (14.30)

Baca juga: China ditahan imbang tim debutan Tajikistan di Piala Asia 2023
Baca juga: Ivar optimistis Indonesia bisa keluar dari fase grup Piala Asia 2023

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024