Changchun (ANTARA) - Perusahaan satelit komersial China berhasil melakukan pencapaian komunikasi laser antarsatelit di orbit dengan kecepatan 100 gigabita per detik (Gbps).

Transmisi data tersebut direalisasikan antara dua satelit Jilin-1 dengan data final berhasil diunduh oleh stasiun di Bumi. Hal ini menandai pertama kalinya China mentransmisikan gambar penginderaan jarak jauh intersatelit definisi tinggi dengan kecepatan tinggi.

Perusahaan tersebut, yakni Chang Guang Satellite Technology Co., Ltd. (CGSTL), telah mengirim lebih dari 100 satelit Jilin-1 ke orbit guna membentuk konstelasi komersial, serta melakukan verifikasi teknologi utama untuk komunikasi laser antarsatelit ini sejak 2021.

Komunikasi laser intersatelit bertujuan untuk membangun interkoneksi informasi antara satelit dan meningkatkan kecepatan pertukaran informasi antarsatelit, yang penting untuk jaringan satelit berskala besar, papar Xing Sirui, personel teknis di CGSTL.

Perusahaan itu sebelumnya telah merampungkan komunikasi laser antarsatelit dengan kecepatan 10 Gbps serta komunikasi laser antara satelit dan stasiun di Bumi.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024