Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Papua turut berduka cita atas meninggalnya atlet angkat besi Raema Lisa Rumbewas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura karena sakit pada Minggu (14/1) pukul 03.00 WIT.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Papua Jeri Agus Yudianto kepada ANTARA di Jayapura, Minggu, mengatakan Lisa Rumbewas merupakan putri terbaik Papua yang telah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.
 
"Kami turut berduka cita atas meninggalnya sang legenda Raema Lisa Rumbewas, masyarakat Papua sangat kehilangan sosok beliau yang pernah menjadi binaragawan terbaik Indonesia," katanya.
 
Menurut Jeri, Lisa Rumbewas merupakan sang legenda yang pernah meraih tiga medali Olimpiade yakni di Sydney 2000, Athena 2004, dan Beijing 2008.

Baca juga: KSP: Wafatnya lifter Lisa Rumbewas kehilangan bagi negara

Baca juga: KONI: Meninggalnya Lisa Rumbewas duka bagi olahraga Papua

Baca juga: Mengenang Lisa Raema Rumbewas, peraih medali Olimpiade asal Papua
 
"Meninggalnya atlet Papua ini memberikan luka mendalam karena melalui bakat yang luar biasa ini Indonesia khususnya Papua bisa dikenal hingga ke dunia internasional," ujarnya.
 
Dia menjelaskan pihaknya berharap ada anak-anak muda Papua yang memiliki semangat juang dan terus mengharumkan nama baik Indonesia khususnya Papua di dunia olahraga.
 
Raema Lisa Rumbewas pertama kali mendapatkan medali perak di panggung olahraga tertinggi di dunia pada debut di Olimpiade 2000 Sydney di kelas -48 kg putri.
 
Kemudian meraih medali yang sama di Olimpiade 2004 Athena pada kelas -53 kg putri.
 
Lalu medali Olimpiade ketiganya adalah perunggu pada 2008 Beijing di kelas -53 kg putri. Medali tersebut diberikan Komite Olimpiade Internasional (IOC) yang diwakili Komite Olimpiade Indonesia (KOI/NOC Indonesia) pada 3 Desember 2017 di Hotel Sheraton Gandaria, Jakarta.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024