Semoga rumah darurat ini bisa ditempati untuk sementara waktu dan membantu meringankan beban warga yang terdampak longsor
Solok (ANTARA) - Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Solok bersama warga setempat membantu membangun rumah darurat untuk korban terdampak longsor di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

Kepala Satuan BPBD Kabupaten Solok Irwan Efendi di Solok, Minggu, mengatakan rumah darurat tersebut diharapkan dapat sebagai tempat hunian sementara bagi warga yang rumahnya tertimbun longsor.

Efendi mengatakan bencana longsor dan pohon tumbang itu menimpa tiga jorong di Kecamatan Pantai Cermin, Kabupaten Solok, pada Jumat (12/1).

Baca juga: BPBD Solok serahkan bantuan ke korban longsor di Pantai Cermin

Musibah tersebut menyebabkan kerusakan rumah masyarakat , antara lain satu rumah hanyut di Jorong Koto Dalam, Nagari (Desa) Surian, serta dua rumah terkena longsor di Jorong Pintu Rimbo, Nagari Lolo.

Musibah tersebut juga mengakibatkan kerusakan terhadap jalan kabupaten sepanjang 20 meter di Jorong Koto, Tinggi Nagari Surian, serta satu unit rumah tertimbun longsor di Aie Angek, Jorong Koto Tinggi, Nagari Surian, sehingga semua penghuni rumah mengungsi di bangunan darurat.

"Semoga rumah darurat ini bisa ditempati untuk sementara waktu dan membantu meringankan beban warga yang terdampak longsor," katanya. 

Selain itu TRC BPBD Kabupaten Solok juga telah merapikan pohon tumbang yang sempat menghambat akses lalu lintas jalan nasional Lubuk Selasih - Padang Aro. "Alhamdulillah jalan tersebut sekarang sudah kembali normal," katanya.

Baca juga: Pemkab Solok turunkan alat berat bersihkah material longsor

Lebih lanjut ia mengatakan saat ini warga setempat masih membutuhkan bantuan sembako, peralatan memasak, terpal, selimut, dan kebutuhan perempuan lainnya.

"Kondisi terkini debit air sungai masih tinggi dan dikhawatirkan bencana susulan berpotensi terjadi," ujarnya. 

Untuk itu BPBD Kabupaten Solok mengimbau masyarakat supaya meningkatkan kewaspadaan, terutama yang tinggal dan beraktivitas di sekitar lokasi rawan bencana.

"Ditambah lagi saat ini intensitas hujan masih cukup tinggi di daerah setempat. Jadi kami mengimbau agar warga tetap meningkatkan kewaspadaan," ujar Irwan Efendi.

Baca juga: Hujan lebat Minggu dini hari, picu banjir & longsor di Solok Selatan
 

Pewarta: Rahmatul Laila
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024