PLN Indonesia Power menganut prinsip ESG, sehingga kegiatan operasi perusahaan menjunjung tinggi kelestarian lingkungan untuk keberlangsungan makhluk hidup kini dan akan datang
Jakarta (ANTARA) - PT PLN Indonesia Power (PLN IP) berpartisipasi aktif mendukung kegiatan Tanara Clean Up sebagai komitmen nyata perusahaan untuk selalu menjaga kualitas air sungai, yang penting bagi kehidupan.

"Kami di sini bersama dengan beberapa unsur lainnya bersama-sama dalam satu tujuan yang sama, yaitu untuk Indonesia bersih dan sadar lingkungan," kata Direktur Utama PLN Indonesia Power Edwin Nugraha Putra dalam kegiatan tersebut, dikutip dari keterangannya di Jakarta, Senin.

Menurut dia, aksi yang melibatkan beberapa unsur masyarakat itu merupakan langkah nyata untuk menuju Indonesia Maju, yang diawali dari sosial dan lingkungan.

Edwin menambahkan kegiatan juga merupakan bagian dari aksi tanggung jawab sosial dan lingkungan, yang mengacu pada tiga pilar ESG, yaitu environmental atau menjaga lingkungan, social atau dampak bagi masyarakat sekitar, dan governance atau tata kelola dan kepemimpinan yang baik.

"Sebagai perusahaan yang patuh dengan kebijakan pemerintah, PLN Indonesia Power menganut prinsip ESG, sehingga kegiatan operasi perusahaan menjunjung tinggi kelestarian lingkungan untuk keberlangsungan makhluk hidup kini dan akan datang," imbuhnya.

Kegiatan Tanara Clean Up merupakan aksi bersih-bersih limbah dan sampah di Sungai Cidurian, Kecamatan Tanara, Kabupatan Serang, Provinsi Banten, sepanjang 1.800 meter.

Acara puncak kegiatan, yang berlangsung 11-14 Januari 2024 itu, dihadiri Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin pada Minggu (14/1/2024).

Bersamaan kegiatan Tanara Clean Up, juga dilaksanakan penanaman pohon tabebuya kuning dan edukasi tentang pemilahan sampah.

Dalam aksi lingkungan, yang diikuti pemangku kepentingan termasuk industri, yang beroperasi di wilayah Banten itu, terkumpul sampah seberat 1.000 ton.

Wapres Ma'ruf Amin mengungkapkan kegiatan bersih sungai dan penanaman pohon menjadi gerakan, yang bisa memberikan banyak manfaat, baik dari segi kesehatan, kebersihan, maupun keberlanjutan lingkungan.

"Terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat. Marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai komitmen bersama untuk menjadikan Indonesia lebih bersih, sehat, dan berkelanjutan," katanya.

Sedangkan, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar, yang juga hadir, mengatakan perubahan iklim yang mengancam penduduk dunia harus dimitigasi, salah satunya dengan menanam dan memelihara pohon dan memperbaiki lingkungan.

Hal tersebut juga menjadi upaya pemerintah dalam mendukung dan mewujudkan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG's).

"Dampak akibat perubahan iklim seperti udara yang sangat panas dan kita rasakan sekarang ini, kondisi banjir, longsor dan lain-lain, perlu kita mitigasi. Karena itu, perlu untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan dari limbah akibat aktivitas manusia yang masuk ke sungai sampai masuk ke laut. Kita bisa melakukan pengurangan sampah dan limbah dengan mengurangi beban sampah atau reuse, reduce, dan menggunakan kembali atau recycle," paparnya.

Sementara itu, Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali menyebutkan pihaknya siap membantu kegiatan perlindungan dan penyelamatan lingkungan di Kecamatan Tanara tersebut.

"Di Tanara ini, akan dibangun pengelolaan lingkungan, yang ke depan akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TNI Angkatan Laut siap membantu," ucapnya.

Dalam kegiatan tersebut, PT PLN Indonesia Power mengerahkan sekitar 200 pegawai, yang berasal dari PLTU Lontar, PLTU Suralaya, PLTU Banten 1 Suralaya, dan PLTGU Cilegon, serta satu unit ekskavator untuk pengerukan sedimen.

Baca juga: Wapres luncurkan program Tanara clean up
Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin apresiasi gagasan Tanara Clean Up

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024