Ketujuh pasar tradisional yang menjadi sasaran program revitalisasi tersebut, yakni Pasar Bitingan, Wates, Jember, Mijen, Kliwon, Kalirejo, dan Ngembalrejo
Kudus (ANTARA) - Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan anggaran sebesar Rp5,5 miliar untuk revitalisasi tujuh pasar tradisional sebagai upaya meningkatkan daya tarik masyarakat berbelanja ke pasar.

"Ketujuh pasar tradisional yang menjadi sasaran program revitalisasi tersebut, yakni Pasar Bitingan, Wates, Jember, Mijen, Kliwon, Kalirejo, dan Ngembalrejo," kata Kepala Bidang Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus Albertus Harys Yunanto di Kudus, Senin.

Ia mengungkapkan program revitalisasi dari masing-masing pasar berbeda-beda, karena ada yang diarahkan untuk perbaikan atap bangunan, ada yang digunakan untuk pembangunan los jualan, serta ada yang untuk peninggian guna menghindari genangan banjir.

Dari ketujuh pasar tersebut, kata dia, anggaran terbesar untuk program revitalisasi Pasar Bitingan sebesar Rp2 miliar, sedangkan pasar lainnya bervariasi.

Hanya saja, imbuh dia, program revitalisasi untuk Pasar Bitingan menunggu serah terima dari pihak ketiga selesai, baru bisa dilaksanakan.

Untuk program revitalisasi dengan anggaran di atas Rp200 juta, maka tahapannya melalui proses lelang.

Di antaranya, ada Pasar Jember, Kliwon, Wates, dan Bitingan yang proses pengerjaannya melalui proses lelang. Sedangkan lainnya melalui penunjukan langsung sehingga bisa dikerjakan bulan Januari 2024.

"Untuk perbaikan fisik bangunan pasar, maka pengerjaannya dilakukan setelah Lebaran karena para pedagang selama bulan Ramadhan menjadi musim panen buat mereka," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya program revitalisasi yang anggarannya bersumber dari dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tersebut, maka kondisi pasar tradisional di Kudus semakin baik, sehingga bisa meningkatkan minat kunjungan masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional.

Baca juga: Dinas Perdagangan Kudus mencatat penerimaan pasar capai Rp10,5 miliar
Baca juga: Pemkab Kudus promosikan Pasar Kliwon untuk tingkatkan kunjungan

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024