Doha (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Doha, Qatar, mengajak ribuan diaspora Indonesia untuk menyaksikan secara langsung pertandingan timnas Indonesia melawan Irak di Stadion Ahmad bin Ali, Senin.

"Untuk menonton di stadion kami akan kerahkan ribuan diaspora. Kami juga sudah atur blocking seat sehingga memudahkan suporter Indonesia dalam memberikan dukungan secara masif," kata Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Doha Ali Murtado saat dihubungi di Doha, Senin.

KBRI Doha turut bekerja sama dengan elemen-elemen suporter Indonesia yang tergabung dalam Ultras Garuda Qatar untuk ikut meramaikan pertandingan perdana timnas pada fase penyisihan Grup D Piala Asia 2023 tersebut.

KBRI Doha juga berinisiatif mengenalkan kebudayaan Indonesia dalam turnamen sepak bola terakbar se-Asia tersebut dengan menampilkan ragam produk budaya.

"Sekurangnya 32 pertunjukan budaya Indonesia digelar di beberapa titik seperti Katara, Doha Expo, Fan Zone Stadium, dan di Pavilion Indonesia di Lusail Boulevard," Ali memaparkan.

Baca juga: Preview Indonesia vs Irak dalam Piala Asia 2023 Grup D

Timnas Indonesia akan memulai perjalanannya pada Piala Asia 2023 dengan menghadapi timnas Irak, Senin pukul 17.30 Waktu Qatar atau 21.30 WIB.

Ekspektasi penggemar sepak bola di tanah air sangat tinggi dan berharap skuad asuhan Shin Tae-yong itu dapat meladeni permainan Irak dan mendapatkan hasil maksimal.

Sebelumnya, Shin Tae-yong menegaskan anak-anak asuhnya akan memberikan permainan yang berbeda saat menghadapi Irak.

Menurut Shin, Skuad Garuda akan tampil beda bila dibandingkan saat menghadapi Irak pada November 2023 dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2026 yang berakhir dengan kekalahan 1-5.

"Kali ini kami akan tunjukkan performa yang berbeda. Saya tidak bisa menebak hasil akhirnya, tapi kalian akan bisa melihat perubahan dan akhir yang berbeda dari (pertandingan) sebelumnya," ungkap coach Shin dalam konferensi pers di Doha, Minggu (14/1).

Baca juga: Timnas asah kekompakan pemain H-1 jelang hadapi Irak
Baca juga: Iran amankan kemenangan meyakinkan atas Palestina 4-1

 

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024