Jakarta (ANTARA) - Ragam pesona budaya Riau dihadirkan lewat kegiatan "Discover Riau" yang digelar di Hotel Borobudur Jakarta, sebagai bagian dari rangkaian menyambut hari ulang tahun ke-50 hotel bintang lima tersebut.

"Kami dari Pemerintah Provinsi Riau, khususnya Dinas Pariwisata Riau mengucapkan terima kasih kepada Hotel Borobudur yang telah berkolaborasi untuk menggelar acara ini. Tentunya ini mempunyai tujuan dan maksud yang luar biasa untuk Riau, khususnya di bidang pariwisata," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau Roni Rakhmat di Jakarta, Senin.

Roni mengatakan Riau memiliki potensi besar dalam sektor pariwisata dan budaya, mulai dari keindahan alam, kerajinan, kuliner, hingga produk ekonomi kreatif.

Baca juga: Riau gelar karnaval budaya sambut Hari Sumpah Pemuda

Dia mencontohkan komoditas sagu sebagai produk unggulan, yang bukan hanya bisa dimanfaatkan untuk kuliner tetapi juga memiliki potensi dikembangkan untuk produk ekonomi kreatif.

Dalam kegiatan yang akan berlangsung selama satu bulan tersebut, pihaknya berharap masyarakat Jakarta bisa melihat pesona budaya dan pariwisata Riau yang beraneka ragam. Selama ini, kata dia, Riau lebih dikenal pada sektor migas dan sawit.

"Selama sebulan ini, betul-betul bagaimana kami mencoba agar masyarakat mengetahui bahwa Riau sangat indah. Selama ini mungkin orang hanya tahu migas, sawit, dan minyak, tapi Riau juga punya potensi yang luar biasa di bidang pariwisata," kata dia.

Roni juga berharap kegiatan ini dapat menarik wisatawan untuk berkunjung ke Riau. Dia menyebut pada tahun ini, pihaknya menargetkan sekitar 14 juta wisatawan nusantara dan 450 ribu wisatawan mancanegara.

Dalam kegiatan tersebut, pengunjung diajak dalam perjalanan menarik melalui pertunjukan seni khas Riau, yang melibatkan tarian, pertunjukan seni dan musik,nhingga festival kuliner khas provinsi berjuluk Bumi Lancang Kuning itu.

Para pengunjung juga diajak untuk merasakan keberagaman produk UMKM khas Riau melalui bazaar yang menghiasi lobi utama Hotel Borobudur Jakarta.

Sementara itu, General Manager Hotel Borobudur Jakarta, Renzo M. Cavagliotti menyatakan program "Discover Riau" merupakan bagian dari rangkaian perayaan ulang tahun hotel yang ke-50.

Program ini mendukung pengembangan dan promosi kebudayaan dan kesenian di Riau. Hotel Borobudur Jakarta berkomitmen mendukung pariwisata ekonomi kreatif di Indonesia dan berharap program "Discover" ini akan menjadi inspirasi bagi industri perhotelan di seluruh tanah air.

"Kami berkomitmen untuk berkontribusi mendukung program pemerintah dalam meningkatkan dan mempromosikan kebudayaan pariwisata dan ekonomi kreatif. Kami optimis ini bukan yang terakhir dan akan ada program Discover dengan pemerintah provinsi lainnya," ucap dia.

Executive Assistant Manager Hotel Borobudur Jakarta I Nyoman Sudimantra menambahkan bahwa Riau dipilih karena beberapa faktor, di antaranya karena letak geografisnya yang berdekatan dengan negara tetangga serta faktor budaya melayu yang sangat kental.

"Selanjutnya perlu diketahui bahwa pendapatan per kapita Riau ini terbesar ketiga di Indonesia. Potensi ini perlu ditingkatkan, mengingat Riau masih asri dengan alamnya. Bahkan ladang minyaknya, ini manjadi bagian penting yang perlu di promosikan pada dunia," kata Nyoman.

Baca juga: Kemendibudristek tetapkan Benteng tujuh Lapis cagar budaya nasional 

Baca juga: UMKM ekraf Riau mitra binaan PHR manfaatkan peluang usaha baru

Baca juga: Sandiaga resmikan Sentra Budaya dan Ekonomi Kreatif Melayu Riau

Pewarta: Fathur Rochman
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024