Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menyasar segmen wisatawan mancanegara dalam promosi potensi pariwisata, budaya dan produk UMKM melalui Program Discover yang digelar Hotel Borobudur, Jakarta.

"Segmen tamu di hotel ini adalah tamu asing, duta besar negara sahabat dan masyarakat menengah ke atas. Ini menjadi target dalam promosi melalui skema kerja sama yang kita lakukan dengan Hotel Borobudur selama Oktober 2023," kata Kepala Biro Pemerintahan dan Otda Sumbar Doni Rahmat Samulo di Padang, Kamis.

Baca juga: Gubernur: WIES momentum Sumbar jadi destinasi wisata halal dunia

Ia mengatakan dengan segmen tersebut, promosi pariwisata dan budaya unggulan dari Kabupaten Kepulauan Mentawai menjadi sangat potensial, karena selama ini Mentawai telah menjadi magnet bagi wisatawan mancanegara yang datang ke Sumbar.

Doni menjelaskan kesempatan promosi yang didapatkan Pemprov Sumbar tersebut berdasarkan kerja sama dengan Hotel Borobudur yang memiliki Program Discover.

Program Discover merupakan salah satu program Hotel Borobudur Jakarta menuju perayaan Hari Ulang Tahun ke-50 pada Maret 2024.

Program itu diadakan di tahun 2023, bekerja sama dengan beberapa pemerintah daerah untuk mendukung dan melestarikan kebudayaan lokal, salah satunya Sumatera Barat.

Doni menyebut berdasarkan nota kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi, Pemprov Sumbar mendapatkan kesempatan untuk melakukan promosi selama satu bulan penuh pada Oktober 2023.

Tiga organisasi perangkat daerah (OPD) diikutkan untuk memaksimalkan kesempatan yang diperoleh itu, yakni Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sumbar.

Baca juga: Sumbar terus upayakan "Nagari Seribu Menhir" jadi objek wisata dunia

Baca juga: Puluhan destinasi wisata baru tumbuh di perhutanan sosial Sumbar


Dalam kesempatan itu, Pemprov Sumbar juga merangkul perantau Minang yang memiliki usaha kuliner di Jakarta untuk mengisi 20 lapak kuliner yang disiapkan. Tim kesenian juga disiapkan untuk mendukung promosi yang dilakukan tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar Luhur Budianda menyebut untuk menyukseskan program Visit Beautiful West Sumatera (VBWS) 2023, dibutuhkan dukungan promosi agar wisatawan bisa lebih mengenal potensi Sumbar.

"Karena itu semua kesempatan untuk promosi harus kita maksimalkan," katanya.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023