Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memperkenalkan budaya bakar batu pada kegiatan Discover Papua dan Papua Barat yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Minggu (19/11).

Pejabat Gubernur Papua Muhammad Ridwan Rumasukun dalam siaran pers di Jayapura, Senin, mengatakan inilah salah satu cara pihaknya memperkenalkan budaya Papua ke dunia.

“Di mana budaya Papua itu unik sehingga semua dapat menikmati pertunjukan bakar batu pada kegiatan Discover Papua dan Papua Barat ini,” katanya.

Menurut Ridwan, pihaknya berharap kegiatan seperti ini bisa terus diadakan setiap tahunnya sehingga menarik para masyarakat di luar Papua untuk berkunjung.

“Kami pemerintah sangat mendukung kegiatan seperti ini karena dapat memperkenalkan budaya Papua lebih luas lagi,”ujarnya.

Dia menjelaskan kegiatan Discover Papua sangat luar biasa apalagi acara bakar batu tersebut dilaksanakan di Hotel Borobudur sehingga para pengunjung dapat mengenal dan mengetahui seperti apa bakar batu itu

“Terima kasih kepada manajemen Hotel Borobudur yang telah berkolaborasi sehingga acara Discover Papua ini terlaksana dengan sukses,” katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Badan Penghubung Papua, Alexander Kapisa, mengatakan kegiatan Discover Papua dan Papua Barat telah berlangsung awal November.

"Kegiatan ini akan berakhir pada akhir November 2023, jadi hampir sebulan kami menyelenggarakan kegiatan promosi wisata, seni dan budaya serta UMKM Papua kepada pengunjung Hotel Borobudur,” katanya.

Menurut Alexander, pada acara puncak selain acara bakar batu juga ditampilkan berbagai hiburan seperti tari-tarian Papua, mengukir, makanan khas Papua serta basar berbagai kerajinan dari UMKM Papua.

Baca juga: Pertamina Papua dorong tradisi bakar batu kembali dikenal
Baca juga: Yonzipur 8/SMG berbaur dengan masyarakat dengan bakar batu di Papua


Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023