"Kegiatan sortir dan pelipatan surat suara untuk Pilihan Presiden-Wakil Presiden dan DPD sudah selesai semua dan kini tinggal untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota,"
Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta masih melakukan sortir dan pelipatan surat suara untuk DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kota yang berlangsung di tiga tempat berbeda di Kota Solo, Jawa Tengah.

"Kegiatan sortir dan pelipatan surat suara untuk Pilihan Presiden-Wakil Presiden dan DPD sudah selesai semua dan kini tinggal untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota," kata Ketua KPU Surakarta Bambang Christanto, di Solo, Selasa.

KPU Surakarta tinggal menyelesaikan sortir dan pelipatan surat suara untuk DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota yang dilakukan di tiga lokasi berbeda, yakni Kantor KPU Kota Surakarta Jalan Kahuripan No.23 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari Solo, gedung di Jalan Jageran no.18 Kelurahan Ketelan Kecamatan Banjarsari Solo, dan di Ndalem Joyokusuman Kelurahan Gajahan, Kecamatan Pasar Kliwon Solo.

"Sortir dan lipat surat suara DPR RI, DPRD Provinsi dan Kota kini sedang proses di tiga lokasi itu, semoga berjalan lancar dan selesai sesuai waktu yang ditetapkan pada tanggal 18 Januari mendatang," kata Bambang.

Dia mengatakan masing-masing jenis surat suara dalam Pemilu 2024 untuk KPU Kota Surakarta sebanyak 448.656 lembar bersama tambahan dua persen. Untuk jenis Pilpres dan Wapres serta DPD sudah selesai dilakukan pelipatan. Sedangkan, DPR RI, DPRD provinsi dan kota kini sedang proses sortir dan lipat.

Dia menjelaskan dari segi fasilitas tiga lokasi yang digunakan sortir dan lipat surat suara tersebut sudah memadahi.

Selain itu, semua ruangan juga sudah dilengkapi dengan kamera CCTV dan tim pengamanan, seperti di Ndalem Joyokusuman Pasar Kliwon. Dari internal lokasi ada Satpam selama 24 jam, ditambah dengan internal dari KPU serta Polresta Surakarta, sehingga keamanan surat suara terjamin.

KPU Surakarta untuk tahap sortir dan pelipatan surat suara dengan mengerahkan total sebanyak 400 orang di tiga lokasi itu. KPU menargetkan semua surat suara selesai tersortir dan dilipat, pada Kamis (18/1). Hal ini, karena dari KPU RI batasnya, pada tanggal 19 sudah tidak menerima perbaikan. Sehingga, KPU mengupayakan sebelum tanggal 18 Januari sudah selesai.

"Kami targetkan sortir dan lipat surat suara selesai seluruhnya pada tanggal 18 Januari 2024," katanya.

Proses penyortiran surat suara dilakukan mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB setiap hari. Setiap jenis surat suara sendiri masing-masing sebanyak 448.656 lembar, dimana jumlah tersebut sudah termasuk dua persen surat tambahan.

"Kami soal logistik berharap semua berjalan lancar sesuai dengan waktu yang ditargetkan. Sehingga, Pemilu 2024 di Solo berjalan lancar dan aman sesuai yang diharapkan," katanya.

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024