Solo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surakarta mulai melakukan penyortiran dan pelipatan terhadap surat suara DPD dan pemilihan presiden untuk Pemilu 2024 di tiga lokasi berbeda di Solo, Jawa Tengah, Kamis.

Ketua KPU Surakarta Bambang Christanto mengatakan untuk yang kegiatan sortir dan pelipatan surat suara baru jenis DPD dan pilpres yang dilakukan di tiga lokasi berbeda di Kota Solo.

Sedangkan, lanjut Bambang Christanto, untuk surat suara calon legislatif rencananya akan disortir dan pelipatan, pada Jumat (12/1). Karena, untuk surat suara DPRD kota, provinsi, dan DPR RI baru ambil di percetakan oleh KPU bersama Bawaslu dan kepolisian, Kamis ini.

Bambang Christanto mengatakan untuk lokasi sortir lipat sendiri dilakukan di tiga tempat itu. Untuk Dapil 1 Pasar Kiwon-Serengan dan Dapil 2 Laweyan dilakukan di Ndalem Joyokusuman Pasar Kliwon, untuk Dapil 3 dan 4 Banjarsari Dilakukan di gudang Jalan Jageran No. 18 RT 03 RW 05 Kelurahan Ketelan, Kecamatan Banjarsari dan untuk Dapil 5 Banjarsari dilakukan di Kantor KPU Kota Surakarta.

Menurut dia, jika sortir dan lipat surat suara dipusatkan di kantor KPU dari segi lokasi tidak akan cukup. Kemudian, dari KPU RI juga telah mengeluarkan surat edaran, satuan kerja di tingkat daerah boleh melakukan penyortiran di titik lain apabila lokasi kantor tidak memungkinkan dilakukan penyortiran.

Dia mengatakan dari segi fasilitas tiga lokasi tersebut sudah memadahi. Selain itu, semua ruangan juga sudah dilengkapi dengan kamera CCTV dan tim pengamanan, seperti di Joyokusuman Pasar Kliwon ini. Dari internal lokasi sudah ada Satpam selama 24 jam, ditambah dengan internal dari KPU serta Polresta Surakarta, sehingga keamanan surat suara terjamin.

Dia mengatakan petugas keamanan yang dikerahkan sendiri total sebanyak 400 orang untuk tiga lokasi. Pihaknya menargetkan semua surat suara selesai tersortir dan dilipat, pada Kamis (18/1). Hal ini, karena dari KPU RI batasnya, pada tanggal 19 sudah tidak menerima perbaikan. Sehingga, KPU mengupayakan sebelum tanggal 17 Januari sudah selesai.

Proses penyortiran sendiri setiap harinya akan dilakukan mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Setiap jenis surat suara sendiri masing-masing sebanyak 448.656 lembar, dimana jumlah tersebut sudah termasuk dua persen surat tambahan.

Kegiatan untuk mekanisme selanjutnya, kata dia, apakah setelah disortir tetap di sini hingga hari H Pemilihan atau dikumpulkan di kantor KPU, pihaknya masih menunggu petunjuk dari pusat.

Dia menjelaskan KPU mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 pada hari pertama sudah menemukan beberapa surat suara dalam kategori tidak layak. Surat suara yang tidak layak dari sisi cetak, mulai dari tinta yang meluber, gambar berbayang, dan hasil print yang blur.

Namun, kata dia, surat suara yang rusak sudah disisihkan dan kemudian dilaporkan ke KPU RI untuk ditukarkan yang baru. 

Baca juga: Soal temuan PPATK, Hasyim tegaskan KPU urusi laporan dana kampanye
Baca juga: BPBD Belitung minta KPU tidak dirikan TPS di lokasi rawan  banjir
Baca juga: KPU Kulon Progo buka posko layanan pindah memilih mahasiswa KKN

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024