Kita mengawali groundbreaking pertama di tahun ini dengan tiga kategori. Pertama adalah peran BUMN yakni Pos Indonesia yang berperan di IKN dalam aspek logistik dengan membangun Nusantara Logistic Hub
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan groundbreaking keempat pada Rabu (17/1) terdiri dari lembaga negara, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan investor swasta.

"Kita mengawali groundbreaking pertama di tahun ini dengan tiga kategori. Pertama adalah peran BUMN yakni Pos Indonesia yang berperan di IKN dalam aspek logistik dengan membangun Nusantara Logistic Hub," ujar Deputi Investasi dan Pendanaan Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara Agung Wicaksono dalam konferensi pers daring di Jakarta, Selasa.

Agung menambahkan, Pos Indonesia sendiri bekerja sama dengan Bina Karya sebagai Badan Usaha Milik Otorita (BUMO) IKN.

Kemudian pihak lainnya yang terlibat dalam groundbreaking keempat adalah Radio Republik Indonesia (RRI) yang sudah memiliki studio siaran radio di IKN yang berlokasi di kawasan Hunian Pekerja Konstruksi.

"Kalau tidak ada aral melintang bapak Presiden RI pada Rabu (17/1) berbicara kepada bangsa Indonesia, pertama kalinya jaringan radio di IKN," kata Agung.

Selanjutnya tentu investasi dari sektor swasta, sebagaimana disampaikan bahwa peran logistik sangat penting sehingga terdapat dua perusahaan swasta yakni SUN Hub yang melakukan groundbreaking area pergudangan.

"Ada Nusantara Warehouse Park, ini menarik karena lagi-lagi ada investor swasta dari Kalimantan Timur yakni PT Wulandari Bangun Laksana yang membangun Nusantara Superblock di IKN dan saat ini membangun juga Nusantara Warehouse Park di IKN," ujar Agung.

Kehadiran SUN Hub dan Nusantara Warehouse Park dalam groundbreaking keempat ini, lanjut Agung, menunjukkan bahwa sektor logistik menjadi groundbreaking kali ini bersama dengan Pos Indonesia. Karena tentunya persiapan perpindahan ASN pada tahun ini perlu didukung oleh sektor logistik di IKN.

Kemudian groundbreaking hotel juga terus bertambah dan kali ini ada groundbreaking hotel bintang lima dari Jambuluwuk grup yang bekerja sama dengan BUMO IKN.

"Karena pasti diperlukan. Perpindahan ASN ke IKN yang dilakukan secara bertahap tentunya tidak semua langsung pindah, tapi banyak ASN yang datang dan juga para pengunjung yang kita harapkan datang ke IKN sehingga kehadiran hotel menjadi penting," kata Agung.

Selain itu ada juga dari Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) yang melakukan groundbreaking kantor LPS di IKN pada Rabu (17/1).

Kemudian groundbreaking infrastruktur yang berasal dari APBN oleh lembaga negara yakni Kantor Otorita IKN, Masjid Negara, dan memorial park yang diberi nama Beranda Nusantara.

Beranda Nusantara merupakan semacam taman seperti yang terdapat di ibukota - ibukota besar dunia yakni Washington DC, Amerika Serikat yang memiliki memorial park bernama National Mall yang terdapat Patung Abraham Lincoln.

Baca juga: OIKN sebut 15 investor bakal groundbreaking di IKN awal tahun 2024

Baca juga: Jokowi "groundbreaking" pembangunan RSUP IKN

Baca juga: Bahlil: Groundbreaking investor asing di IKN berlangsung pada 2024

 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024