Jakarta (ANTARA) - Jenazah Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Prof Dr Adi Suryanto  dimakamkan pada Sabtu di Al-Azhar Memorial Garden, Karawang.

Proses pemakaman dipimpin oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas.
 
Dalam sambutannya, Azwar mengenang Adi Suryanto sebagai sosok pekerja keras, loyal serta taat beribadah. Bahkan, Azwar menyebut Adi meninggal dunia saat hendak berangkat menunaikan ibadah shalat Jumat kemarin (15/12).
 
"Hari ini kita menyaksikan saudara, kita tidak pernah menyangka kapan akan kembali ke hadapan Allah. Tapi saudara kita meninggal dalam keadaan bertugas, meninggal ketika akan berangkat shalat Jumat. Meninggal dalam sayyidul ayyam yang dimuliakan Allah SWT," kata Azwar Anas dalam pemakaman tersebut yang disiarkan langsung lewat akun YouTube Lembaga Administrasi Negara.
 
Azwar lantas mendoakan semoga almarhum terhindar dari siksa kubur dan meyakini bahwa wafatnya Adi di hari Jumat sebagai tanda Allah SWT.
 
Azwar juga menyampaikan ucapan belasungkawa dari Presiden Joko Widodo dan Mensesneg Pratikno.
 
"Kepada yang ditinggalkan mudah-mudahan diberikan kekuatan. Pak Adi dalam wafatnya tidak memberatkan atau bahkan merepotkan orang banyak. Justru meninggal dalam keadaan yang tidak merepotkan keluarganya," ujarnya.
 
Adi Suryanto meninggal dunia di Yogyakarta pada usia 54 tahun. Mendiang Adi Suryanto lahir pada 8 Desember 1969 di Kebumen, Jawa Tengah dan telah mengabdi selama 29 tahun di LAN.
 
Ia menjabat sebagai Kepala LAN sejak 23 Desember 2015 menggantikan Agus Dwiyanto yang memasuki masa purnatugas. Jabatannya diperpanjang Presiden Joko Widodo dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 206/TPA Tahun 2020 tentang Perpanjangan Masa Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Utama di Lingkungan LAN.
 
Menteripan RB Abdullah Azwar Anas mengenang Adi sebagai pribadi yang tenang dan sederhana.

Menurutnya, Adi adalah seorang nasionalis sejati yang sangat peduli dengan kemajuan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) dan penguatan administrasi negara.
 
"Pak Adi adalah sosok pemimpin yang tenang dan setia mengabdikan dirinya pada masyarakat, bangsa, dan negara," ungkapnya.
 
LAN merupakan salah satu instansi paguyuban Kementerian PANRB. Kebijakan yang dihasilkan oleh keduanya sangat berhubungan satu sama lain dalam bidang manajemen SDM Aparatur khususnya pengembangan kompetensi.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023