Hari ini kami mulai lakukan distribusi tahapan pertama logistik di luar kotak suara melalui PPK.
Tangerang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tangerang, Banten, mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke beberapa kecamatan terluar di daerah itu.

"Hari ini kami mulai lakukan distribusi tahapan pertama logistik di luar kotak suara melalui PPK," kata Ketua KPU Kabupaten Tangerang Muhammad Umar di Tangerang, Selasa.

Umar menerangkan bahwa pada tahapan pertama distribusi logistik pemilu itu terhadap kebutuhan di luar kotak suara, di antaranya seperti bilik suara, alat peraga kampanye (APK), daftar pasangan calon, daftar pemilih tetap, dan sebagainya.

"Sementara kami distribusikan logistik di luar kotak suara seperti bilik suara dan APK," katanya.

Dikatakan pula bahwa distribusi logistik pada saat ini dilakukan ke wilayah terluar terlebih dahulu seperti ke Kecamatan Teluknaga, Pakuhaji, Sepatan Timur, dan Kosambi.

Untuk kecamatan lainnya yang masuk kawasan Tangerang Utara, di antaranya adalah Kecamatan Kemiri, Rajeg, Mauk, Sukadiri, Pakuhaji, Mekar Baru, Kronjo, Pasar Kemis, dan Sindang Jaya akan secara bertahap.

Karena kondisi topografi di beberapa kecamatan tersebut dinilai cukup jauh dari dijangkau dalam distribusi logistik pemilu.

"Jadi, tahap distrubusi kami dahulukan di Dapil 3, seperti Teluknaga, Kosambi, dan Sepatan," ujarnya.

Selama distribusi logistik, KPU Kabupaten Tangerang melibatkan unsur TNI/Polri dan pemerintah daerah (pemda), untuk membantu melakukan jalannya pengamanan.

Selain itu, kata Umar, KPU juga telah mengidentifikasi dan melakukan pemetaan terhadap TPS yang masuk dalam kategori rawan bencana, khususnya pada musim hujan.

"Kami sudah melakukan koordinasi dengan seluruh instansi terkait guna mendukung kelancaran penyaluran logistik pemilu," kata dia.

Baca juga: KPU: Distribusi logistik pemilu di luar negeri masih "On the track"
Baca juga: Logistik pemilu di Pangkep siap didistribusikan ke pulau terluar


Pemilu 2024 diikuti 18 partai politik nasional, yakni (sesuai dengan nomor urut) Partai Kebangkitan Bangsa, Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Buruh, dan Partai Gelora Indonesia.

Berikutnya, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Ummat.

Selain itu, Pemilu 2024 juga diikuti enam partai politik lokal, yakni Partai Nanggroe Aceh, Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha'at dan Taqwa, Partai Darul Aceh, Partai Aceh, Partai Adil Sejahtera Aceh, dan Partai Soliditas Independen Rakyat Aceh.

Pemungutan suara pemilu anggota legislatif, termasuk Pemilu Anggota DPD RI, dilakukan serentak dengan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024