Jakarta (ANTARA News) - Menteri Pertanian Suswono mengatakan pernah mendengar nama direktur utama PT Indoguna Utama Maria Elizabeth Liman dari anggota Komisi III fraksi Partai Demokrat Ruhut Sitompul.

"Namanya (Elizabeth) entah yang ini atau tidak, tapi pernah dengar namanya sekali dari Ruhut Sitompul anggota DPR," kata Suswono dalam sidang di pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis.

Suswono menjadi saksi dalam sidang suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dan tindak pidana pencucian uang dengan terdakwa Ahmad Fathanah.

Hakim tidak mengejar lebih lanjut keterkaitan antaran Ruhut dengan Elizabeth yang juga menjadi tersangka dalam kasuus suap yang sama.

Setelah keluar dari ruang sidang, Suswono menegaskan ia tidak dapat memastikan apakah Elizabeth yang disebut oleh Ruhut adalah Maria Elizabeth Liman.

"Beliau (Ruhut) pernah menyebut-nyebut, tapi saya tidak terlalu `ngeh` menyebut nama Elizabeth, tidak ada mengatakan permintaan penambahan kuota, itu cuma sahabatnya, sepintas saja, makanya apakah pernah Elizabeth apakah yang dimaksud Elizabeth ini atau bukan," ucap Suswono, seusai sidang.

Suswono juga mengaku tidak ingat konteks pembicaraannya dengan Ruhut, sehingga tercetus nama Elizabeth.

Ia tidak dapat memastikan kedekatan hubungan antara Ruhut dan Elizabeth.

"Saya tidak tahu hubungan keduanya, yang jelas saya pernah dengar nama itu tapi sebagai sahabat, pernah menjadi importir (daging), hanya sekedar itu saja, tapi sekali lagi (kasus) ini konstruksinya sudah jelas ini permainan makelar," ungkap Suswono.

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013