Jakarta (ANTARA) -
Komisi Pemilihan Umum Jakarta Timur menyebutkan hingga saat ini penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di wilayah tersebut telah mencapai 80 persen.
 
"Jumlah surat suara yang di sortir dan dilipat mencapai 7.752.102 surat suara dari total kebutuhan 9.744.236 surat suara atau mencapai hampir 80 persen," kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Timur Tedi Kurnia ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Dari jumlah surat suara yang telah disortir dan dilipat itu terdapat 2.573 surat suara yang rusak. Berdasarkan data dari KPU Jakarta Timur (Jaktim), surat suara yang rusak itu antara lain, warna tidak merata, sobek, dan warna penanda tidak sesuai.
 
Jumlah surat suara itu, kata Tedi, akan terus bertambah karena penyortiran dan pelipatan surat suara masih berlangsung.
 
"Surat suara yang telah disortir dan dilipat itu untuk surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden serta caleg DPRD DKI dapil 4,5, dan 6," katanya.

Baca juga: Bawaslu dan Satpol PP DKI tertibkan APK parpol di tiga wilayah Jakarta
Baca juga: Pengamat: Heru harus tegas instruksikan Satpol PP dalam penertiban APK
 
Surat suara yang telah disortir dan dilipat akan didistribusikan ke 10 kecamatan di Jakarta Timur pada akhir Januari 2024 untuk nantinya dimasukkan ke dalam kotak suara.
 
"Di Kecamatan Pulogadung ini ada 830 TPS, mereka akan menyortir ulang, hitung per ikat yang berisi 25 surat suara," katanya.

Kemudian, kata dia, akan dihitung kembali untuk mengantisipasi adanya kelebihan atau kekurangan surat suara
 
Untuk pengamanan surat suara, pihaknya telah menyiapkan petugas keamanan untuk mengecek atau menggeledah setiap orang keluar masuk ke dalam gudang penyortiran dan pelipatan.
 
"Setiap orang yang keluar dan masuk akan digeledah. Semua handphone petugas penyortiran dan pelipatan surat suara dikumpulkan dalam satu tempat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," katanya.
Baca juga: KPU Jaktim temukan surat suara rusak saat penyortiran

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024