Kendari (ANTARA) - Ratusan mahasiswa Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka mengikuti Campus Roadshow and Sharing Knowledge yang diselenggarakan oleh PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) Growth Project (IGP) Pomalaa yang dipusatkan di Auditorium USN Kolaka.

Head of People and Culture PT Vale Indonesia, Gustaf Ganna Songgo, dalam rilis Head of Communications PT Vale, Bayu Aji yang diterima, Selasa, mengatakan, tujuan PT Vale hadir, yakni untuk meningkatkan kualitas hidup dan membangun masa depan yang lebih baik bersama, dan menjadi landasan praktik pertambangan berkelanjutan yang dijalankan oleh PT Vale.

"Kami berbisnis dengan 3P dalam Sustainable Development Goals (SDGs), yakni people, planet, and profit," ujarnya.

Bagi PT Vale, lanjut Gustaf, kegiatan pertambangan itu harus memberi manfaat bagi komunitas atau masyarakat di sekitar kami, tetap menjaga keanekaragaman hayati, serta memberi kesejahteraan bagi seluruh talenta yang mendukung operasi kami,” ujarnya.

Gustaf menjelaskan, dengan berjalannya IGP Pomalaa, Kabupaten Kolaka akan memasuki era baru hilirisasi nikel.

“IGP Pomalaa akan memproduksi 120 ribu ton nikel dalam produk MHP (mixed hydroxide precipitate), salah satu bahan untuk baterai kendaraan listrik. Karena itu, investasi kami di IGP Pomalaa tidak main-main. IGP Pomalaa ini melibatkan investasi puluhan triliun rupiah,” jelasnya.

Gustaf mengingatkan, dengan kontribusi IGP Pomalaa dalam sistem mobil listrik di Indonesia maupun global, PT Vale akan membutuhkan banyak sekali talenta lokal. Fokus pada lokal, kata dia, adalah salah satu cerminan komitmen pertambangan berkelanjutan.

Untuk itu, melalui Campus Roadshow di USN Kolaka ini, PT Vale ingin para mahasiswa USN Kolaka dapat lebih mengenal PT Vale khususnya bagaimana komitmen dalam menjalankan praktik pertambangan berkelanjutan.

“Tidak hanya kenal, tetapi kami berharap dapat menginspirasi adik-adik agar mau berkarir di bidang tambang. Dengan bergabung di PT Vale, adik-adik tak hanya berkontribusi pada hilirisasi mineral penting yang dibutuhkan dunia. Tetapi juga ikut sumbangsih dalam menjalankan praktik pertambangan yang peduli pada bumi dan masa depan kita,” ungkapnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Rina Rembah, berharap agar kegiatan ini dapat menambah wawasan serta membuka cakrawala para mahasiswa USN Kolaka untuk kemudian memberikan warna di Bumi Mekongga.

Kegiatan Campus Roadshow di USN Kolaka ini dihadiri jajaran manajemen PT Vale, yakni Senior Manager Operational Readiness IGP Pomalaa, Andi Nur Taslim, Senior Permit & Compliance Analyst Pomalaa, Emyliana Manurun, Senior Manager of HR Talent Management, Ragil Savitry, HR Coordinator Project Pomalaa, Ildha Mawarni Nurhamuddin, serta Senior Manager of HR Project PT Vale, Suryo Hadi.

Sementara dari USN Kolaka, adalah Wakil Rektor Bidang Akademik USN Kolaka, Rina Rembah, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi USN Kolaka, Sahrul Poalahi Salu, serta sejumlah pejabat dan dosen lingkup USN Kolaka. Ratusan mahasiswa USN Kolaka antusias mengikuti setiap sesi kegiatan hingga berakhirnya kegiatan.

Salah seorang peserta Campus Roadshow Program Studi Teknik Pertambangan, Gloria Aritonang, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan adanya kegiatan ini bisa menambah wawasan serta bisa mengenal PT Vale lebih dekat lagi.

"Kami sangat bersyukur bisa hadir dalam Campus Roadshow PT Vale, saya bisa mendapatkan banyak pengetahuan baru dan mendapatkan tips membuat Curiculum Vitae (CV) agar bisa dilirik oleh tim rekruitmen perusahaan. Tentunya, pengalaman ini tidak bisa didapatkan, jika tidak mengikuti sesi tersebut. Materinya sangat menarik,” ujarnya.

Baca juga: Bahlil: Pemerintah jaga kepercayaan investor dalam divestasi Vale
Baca juga: Vale Indonesia targetkan produksi 70,8 ribu ton nikel di 2024
Baca juga: Erick Thohir tegaskan harga divestasi saham Vale harus murah

 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024