Predikat zero accident tersebut merupakan suatu kehormatan bagi perusahaan dan para pekerja yang selalu konsisten menerapkan regulasi K3.
Mataram (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Nusa Tenggara (UIP Nusra) meraih penghargaan nol insiden (zero accident) atas pencapaian dalam memitigasi dan mengurangi terjadinya kecelakaan kerja selama menjalankan amanah pemerintah dalam penyediaan infrastruktur ketenagalistrikan.

General Manager PLN UIP Nusra Abdul Nahwan mengatakan predikat zero accident tersebut merupakan suatu kehormatan bagi perusahaan dan para pekerja yang selalu konsisten dalam menerapkan regulasi K3 di setiap kegiatan operasional perusahaan.

"Dalam setiap aktivitas dan proyek yang dijalankan, PLN UIP Nusra berpegang pada regulasi yang telah ditetapkan pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan demi menjaga keselamatan dan kesehatan setiap insan PLN," ujarnya dalam keterangan tertulis di Mataram, Selasa.

Pencapaian ini, kata dia, semakin meningkatkan semangat PLN UIP Nusra dalam mengutamakan keselamatan dan kesehatan para pekerja yang menjadi garda terdepan dalam menyediakan listrik yang memadai dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama di wilayah Nusa Tenggara.

Predikat zero accident ini diserahkan dalam gelaran pencanangan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) NTB yang diberikan langsung oleh Penjabat Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi, di halaman Kantor Gubernur NTB di Kota Mataram, Senin (15/1).

Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi mengatakan Pemprov NTB melalui Disnakertrans NTB berhasil meraih enam prestasi nasional berkat kolaborasi, dukungan, dan tumbuhnya komitmen dari seluruh habitat dunia tenaga kerja.

"Selamat atas prestasi yang telah diraih di tahun 2023. Semoga pencapaian ini dapat kita pertahankan dan tingkatkan di tahun berikutnya. Sehingga kita dapat bekerja dengan baik dan dengan produktivitas yang tinggi," kata Lalu Gita.

Untuk itu, Gita Ariadi mengajak dunia usaha dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat.

"Sudah sewajarnya semua pihak mengedukasi dan mensosialisasikan ke masyarakat untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat untuk menghindari terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja," ujarnya.

Kepala Disnakertrans NTB I Gede Putu Aryadi mengatakan zero accident artinya nihil kecelakaan kerja selama beroperasinya perusahaan tersebut.

"Ini penghargaan dari pusat kepada setiap perusahaan yang berhasil mengendalikan penyakit akibat kerja dan menciptakan kondisi pekerjaan yang aman dan nyaman," katanya pula.
Baca juga: PLN berhasil operasikan tol listrik Sumbawa senilai Rp120 miliar
Baca juga: PLN targetkan pengembangan PLTP Ulumbu di NTT hasilkan daya 40 MW

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024