Sebelum pekerjaan pelebaran jalan dilakukan, kita samakan tinggi pada sesi sambungan jalan terlebih dahulu
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, melanjutkan pelebaran infrastruktur fisik Jalan Inspeksi Kalimalang guna percepatan operasional dua arah di sepanjang ruas jalan tersebut.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan perbaikan jalan pada ruas ini dipusatkan di titik Desa Pasirtanjung Kecamatan Cikarang Pusat menuju perbatasan dengan Kabupaten Karawang.

"Sesi Pasar Tegal Danas sudah tuntas akhir tahun 2023 dan awal tahun 2024 ini dilanjutkan di ruas jalan terusannya. Tinggal tersisa panjang kurang lebih 200 meter lagi untuk menuju perbatasan Karawang," kata Dani Ramdan di Cikarang, Rabu.

Dia mengatakan pekerjaan pelebaran jalan di titik akhir menuju perbatasan dengan Kabupaten Karawang itu memiliki tingkat kesulitan tersendiri mengingat medan untuk penyambungan jalan yang relatif curam.

Pemerintah Kabupaten Bekasi akan membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) terlebih dahulu kemudian cut and fill menggunakan material baik tanah maupun bebatuan hingga tercipta elevasi yang diinginkan sebelum memulai pekerjaan pelebaran jalan di ruas tersebut.

Baca juga: Pemkab Bekasi lelang ulang revitalisasi Pasar Baru Cikarang

Baca juga: Pemkab Bekasi sahkan dokumen pelaksanaan anggaran APBD 2024


"Sebelum pekerjaan pelebaran jalan dilakukan, kita samakan tinggi pada sesi sambungan jalan terlebih dahulu. Kalau untuk budgeting (pembiayaan), semua telah dianggarkan di tahun ini," katanya.

Dani berharap pekerjaan pelebaran di Jalan Kalimalang menjadi dua jalur ini mampu mendukung kelancaran arus lalu lintas di wilayah Kabupaten Bekasi, terlebih ruas tersebut kerap terjadi kemacetan akibat penumpukan kendaraan.

"Termasuk jalan di sebelahnya (jalan lama) itu akan ditinggikan (agar tidak tergenang saat hujan) sesuai jalan yang terbaru biometriknya," ucap dia.

Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln memastikan pekerjaan pelebaran ruas jalan tersebut akan dituntaskan pada tahun 2024 ini.

Pelebaran Jalan Inspeksi Kalimalang dari batas Kota Bekasi sampai Kabupaten Karawang dilakukan secara bertahap dengan melihat kemampuan keuangan daerah. Pembangunan ini akan dilengkapi sejumlah ornamen, taman, hingga jalur pejalan kaki.

"Pemkab Bekasi punya program agar Jalan Inspeksi Kalimalang ini dapat dijadikan jalan protokol atau ikon Kabupaten Bekasi yang bisa dibanggakan seluruh masyarakat," kata dia.

Baca juga: Jalan Kalimalang sesi Tegal Danas Bekasi segera beroperasi dua arah

Baca juga: Pemkab Bekasi apresiasi produk baja lokal tembus pasar ekspor


Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024