Banda Aceh (ANTARA) - Sekretaris Daerah Aceh Bustami Hamzah menyatakan diperlukan sinergisitas dua provinsi agar ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 dapat berjalan sukses sesuai yang diharapkan.

"Untuk menyukseskan PON XXI, maka sinergi kedua daerah menjadi kunci bagi suksesnya ajang empat tahunan ini," kata Bustami dalam keterangannya di Banda Aceh, Rabu.

Pernyataan itu disampaikannya selaku Ketua Harian Pengurus Besar PON XXI Aceh-Sumut 2024 wilayah Aceh pada rapat bersama Pengurus Besar PON XXI Aceh-Sumut 2024 wilayah Sumut di Kantor Gubernur Sumatera Utara.

Dia menyampaikan, perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024 merupakan ajang olahraga terbesar di Indonesia, dan ini menjadi yang pertama terselenggara di dua provinsi.

Ia meyakini bahwa semua pihak memiliki semangat yang sama dalam merumuskan sebuah upaya bersama menyatukan persepsi, membentuk sinergisitas menyukseskan PON XXI.

“Jadi mari kita berdiskusi, saling berbagi kiat sukses, apa langkah percepatan yang sudah dilakukan Sumut, apa upaya percepatan yang telah dilakukan Aceh. Mari kita saling memberi masukan dan saran mempersiapkan PON berjalan sukses,” ujar Bustami.

Baca juga: Menpora sambut baik korfball dipertandingkan di PON dan SEA Games

Baca juga: Aryo targetkan Pordasi Jakarta juara umum pacu dan equistrian PON 2024

Baca juga: Kaltim belum tetapkan bonus atlet berprestasi PON 2024


Sementara itu, Ketua Harian PB PON Aceh-Sumut Wilayah Sumut, Afifi Lubis, menyambut baik kehadiran tim PB PON Wilayah Aceh. Pertemuan ini bisa memperkuat sinergi kedua daerah dalam mempersiapkan PON yang akan berlangsung September 2024 nanti.

“Kehadiran teman-teman dari Aceh yang full tim ini, semakin meningkatkan optimisme kami, bahwa sinergi dan kekompakan yang terbangun antar-PB, Insya Allah PON XXI akan berlangsung sukses,” kata Afifi.

Dia menegaskan, sukses PON menjadi beban bersama Aceh dan Sumut. Karena itu, mengingat waktu yang semakin dekat, maka penting membentuk Sekretariat Bersama PB PON XXI Aceh Sumut.

"Di Aceh ada sekber, di Sumut ada sekber dan di Jakarta pun ada sekber kita,” ujarnya.

Ia menambahkan, pertemuan ini menjadi modal awal bagi kedua PB untuk menyatukan langkah mempersiapkan penyelenggaraan PON agar terlaksana dengan baik dan sukses.

“Sumut tidak mungkin sukses jika Aceh tidak mendukung, Aceh juga tentu tidak akan sukses jika Sumut tidak menopang. Jadi, suksesnya PON XXI hanya akan terwujud jika kita memiliki semangat yang sama untuk saling dukung dan saling topang," demikian Afifi.

Baca juga: Bimtek pendaftaran peserta PON 2024 resmi dibuka

Baca juga: KONI Pusat sebut Balige akan jadi arena ski air di PON 2024

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024