Surabaya (ANTARA News) - Menteri BUMN Dahlan Iskan mengatakan telah meminta perusahaan Adhi Karya melakukan kajian pembuatan landasan pesawat baru di pinggir laut Jakarta, untuk meminimalisir padatnya penerbangan di Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Saya sudah minta Adhi Karya melakukan studi membuat landasan ketiga di Cengkareng di pinggir laut," kata Dahlan saat meninjau tol di atas laut Bali, Minggu.

Dahlan mengatakan ingin membuat landasan baru di pinggir laut Jakarta, serta tol di atas laut menuju Tanjung Priok, atau daerah lain.

Rencananya jika memungkinkan landasan baru akan dibangun sekitar delapan kilometer dari Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam pengembangannya, Dahlan juga menginginkan landasan ini nantinya mempunyai koneksi langsung ke Bandara Soekarno-Hatta dengan menggunakan armada monorail.

"Dalam dua minggu saya akan tunggu hasil studinya seperti apa.

Di sisi lain dalam masterplan pengembangan bandara, PT Angkasa Pura (AP) II selaku operator Bandara Internasional Soekarno Hatta berencana meningkatkan kapasitas lapangan terbang Soekarno Hatta menjadi 62 juta penumpang per tahun pada 2014.

Peningkatan kapasitas lapangan parkir pesawat juga menjadi bagian dalam rencana AP II yakni dari 125 pesawat menjadi 174 pesawat terbang.

PT Angkasa Pura II diperkirakan akan menghabiskan dana sekitar Rp11,7 triliun untuk melakukan pengembangan bandara hingga 2014.

Pewarta: Rangga Pandu
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013