jadi orang datang ke situ hanya di-drop (diturunkan) saja
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Hasan Basri Umar mengusulkan peniadaan lokasi parkir resmi menggunakan badan jalan (on street) di Sabang, Jakarta Pusat karena kerap menimbulkan kemacetan di kawasan tersebut.

“Saya usul parkir di Jalan Sabang itu ditiadakan saja, seperti di Malioboro jadi orang datang ke situ hanya di-drop (diturunkan) saja, karena setiap hari kawasan itu macet,” kata Hasan kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Menurut Hasan, saat ini parkir di bahu Jalan Sabang atau Agus Salim itu merupakan kawasan kuliner sudah membeludak dan menyebabkan kemacetan.

Maka dari itu, dia mendorong Dinas Perhubungan (Dishub) DKI lebih gencar menertibkan seluruh ruas jalan di Jakarta dengan menindak tegas kendaraan yang parkir sembarangan.

Termasuk mengabadikan foto dan menyebarluaskan di media sosial sehingga memberikan efek jera bagi para pelaku.

“Saya sarankan Dinas Perhubungan foto kejadian itu, lalu viralkan,” ungkapnya.

Senada, anggota Komisi B DPRD Provinsi DKI Jakarta Wawan Suhawan berharap dengan adanya penambahan 28 unit mobil derek dapat memperkuat penegakan hukum terhadap pelanggaran parkir.

"Jangan sampai ini kendaraan sudah ditambah tapi pelanggaran tidak ada penindakan,” ucap Wawan.

Pada September 2014, Pemprov DKI Jakarta di bawah pimpinan Basuki Tjahaja Purnama memasang sejumlah mesin parkir meter atau Terminal Parkir Elektronik (TPE) di beberapa wilayah Ibu Kota. Salah satunya di sepanjang Jalan Agus Salim atau Jalan Sabang, Jakarta Pusat.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto mengakui bahwa hingga kini belum ada formula yang tepat untuk mengatasi masalah kemacetan lalu lintas di Jakarta.

"Memang sehari-hari kami belum bisa menekan kemacetan ini. Berbagai diskusi antara kami dan Pemda belum menemukan formula yang tepat bagaimana mengatasi kemacetan," ucapnya saat 'Rilis akhir tahun Polda Metro Jaya 2023' di Balai Polda Metro Jaya, Kamis.
Baca juga: Dishub DKI akui ada insiden petugas naik di kap mobil pribadi
Baca juga: Sudin Perhubungan Jaksel gencarkan operasi penertiban parkir liar
Baca juga: Dishub DKI melanjutkan penindakan parkir liar menyusul aduan warga

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024