Surabaya (ANTARA) - Pelatih Kepala Persebaya Surabaya Paul Munster mengaku anak asuhnya perlahan sudah memenuhi standar permainan dan fisik yang diinginkannya untuk menjalani sisa laga Liga 1 musim 2023/2024.

"Tentu saja itu positif. Saya berkomunikasi dengan tim secara individu dengan menunjukkan video sesi latihan, saat pertandingan terakhir dan dengan pertandingan lainnya juga. Jadi selangkah demi selangkah pemahaman mereka meningkat karena apa yang saya komunikasikan dengan para pemain, ini baru," ujar Paul Munster saat mendampingi tim berlatih di Lapangan Thor Surabaya, Jumat.

Munster menjelaskan, sebelumnya para pemain belum pernah menjalani latihan dan pendekatan yang seperti dijalankannya.

Meskipun begitu, lanjutnya, anak asuhnya bisa memahami dan mengerti apa yang telah dilakukannya untuk meningkatkan performa tim.

"Mereka belum menjalani pelatihan atau situasi taktis seperti ini. Jadi ini hal baru bagi mereka. Tapi hebatnya mereka faham karena cara bermain saya jelas, tidak sulit dan tidak rumit, jadi para pemain memahaminya," katanya.

Baca juga: Pemain asing Persebaya sebut Paul Munster punya gaya melatih berbeda

Pelatih asal Irlandia Utara tersebut juga mengapresiasi para pemain klub yang berjuluk Bajol Ijo tersebut.

"Mereka bekerja keras dan yang terpenting adalah mereka tersenyum. Kami terus membangun kepercayaan diri dan setiap hari standar yang saya terapkan harus menjadi lebih baik dan meningkatkan, baik secara individu maupun tim.

Saat ini, pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut, masih memiliki program untuk uji coba tim antara dua hingga tiga kali pertandingan.

"Sebenarnya kemarin adalah hari terakhir kami melakukan sesi ganda, tapi hari ini kami mulai turun namun tetap fokus. Kami masih punya waktu untuk bersiap. Kemungkinan dua hingga tiga kali lagi pertandingan uji coba sebelum Liga Satu," kata Paul Munster.

Saat ini, pada klasemen sementara Liga 1 Indonesia, Persebaya menduduki peringkat ke-13 dengan meraih 26 poin dari 22 pertandingan.

Dua laga terdekat, Persebaya akan menjamu PSIS Semarang di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, pada 30 Januari 2024.

Kemudian pada 4 Februari 2024, tim berjuluk Bajol Ijo tersebut akan menjamu Bhayangkara FC, juga di Stadion GBT.

Baca juga: Pemain Persebaya nilai perkembangan dan kekompakan tim meningkat

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024