Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan harus menjadi tanggungjawab bersama
Balikpapan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengagendakan pemberian penghargaan kepada pemerintah daerah dan para pelaku usaha yang telah mendukung penuh implementasi Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan melalui anugerah Paritrana Award tingkat Provinsi Kalimantan Timur.

Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni di Balikpapan Jumat, mengatakan penghargaan patriana award ini dilaksanakan dalam rangka membangun kesadaran semua pihak pihak baik pemerintah maupun swasta terhadap pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan.

Menurut Sri Wahyuni, nominasi penghargaan meliputi Sektor Keuangan, Sektor Perdagangan dan Jasa, Sektor Pertambangan dan Manufaktur, Sektor Pendidikan, Sektor Perkebunan Pertanian Peternakan Perikanan dan Pemerintahan Daerah.

"Penghargaan Paritrana Award ini memberikan sebuah komitmen kepada kita sekalian, baik pemerintah daerah maupun perusahaan bahwa Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan harus menjadi tanggungjawab bersama," kata Sekda yang juga sebagai Ketua Tim Penilai Patriana Award tingkat Provinsi Kalimantan Timur tahun 2023.

Baca juga: Kepesertaan pekerja informal BPJAMSOSTEK tumbuh tiga kali lipat
Baca juga: BPJAMSOSTEK beri santunan korban kecelakaan Simpang Rapak Balikpapan


Ia berharap melalui pemberian penghargaan tersebut para pelaku usaha semakin sadar akan kewajiban untuk memberikan jaminan sosial kepada para pekerjanya.

"Kami berharap para pekerja kita di sektor informal maupun mereka yang bekerja pada sektor formal terjamin mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan," jelasnya.

Sekda juga mengucapkan terima kasih dan selamat kepada para nominator peraih penghargaan.

"Sukses untuk Paritrana Award dan mari kita bersama-sama bersinergi, bahu-membahu untuk terus meningkat perlindungan sosial ketenagakerjaan baik sektor informal dan formal di Kalimantan Timur," ucapnya.

Baca juga: BPJamsotek Samarinda bayar klaim Rp224 miliar di tahun 2022
Baca juga: Wawalkot Samarinda apresiasi kinerja BPJamsostek


Tim Penilai dalam Paritrana Award, terdiri Kepala Disnakertrans Rozani Erawadi, Kakancab BPJS Ketenagakerjaan Samarinda Agus Dwi Fitrianto, Ketua Dewan Pengurus Provinsi Apindo Kaltim Selamat Broto, Ketua Federasi SP-KEP Kaltim, Ahli Ekonomi Lektor Kepala Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unmul Dr Fitriadi, Ahli Hukum Lektor Fakultas Hukum Unmul Febri Noor Hediati, Ahli Kebijakan Publik Dosen Program Pasca Sarjana Magister Administrasi Publik Unmul Dr Bambang Irawan.

Paritrana Award tingkat Provinsi Kaltim merupakan adopsi dari kegiatan nasional Patiana Award oleh Kemenko PMK, Kemendagri, Kemenaker dan BPJS Ketenagakerjaan yang penyelenggaraannya telah dilaksanakan sejak 2017 lalu.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur meraih penghargaan Paritrana Award 2023 oleh Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI sebagai pemerintah provinsi terbaik dalam menjalankan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Baca juga: BPJAMSOSTEK tawarkan pembiayaan perumahan dengan subsidi bunga
Baca juga: BPJAMSOSTEK beri penghargaan kepada pengusaha di Bangkalan
Baca juga: BPJAMSOSTEK sosialisasi program manfaat bagi kementerian dan lembaga 

Pewarta: Arumanto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024