Batam (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyinggung persoalan air bersih yang masih terjadi di Kota Batam, Kepulauan Riau.

Hal tersebut disampaikan Anies saat membacakan poster-poster yang dibawa para pendukungnya dalam kampanye terbatas di Kota Batam, Jumat.

Anies mengatakan hal serupa juga pernah terjadi di Kepulauan Seribu, DKI Jakarta, yang sulit mendapatkan air bersih yang merupakan kebutuhan masyarakat.

"Di sana (Kepulauan Seribu), ketika saya mulai bertugas (sebagai gubernur DKI Jakarta), air bersihnya bermasalah, sulit dapat air bersih di Kepulauan Seribu. Sekarang, alhamdulillah, kami bangunkan tempat penyulingan air, sehingga disana bukan hanya dapat air bersih, mereka dapat air minum untuk warga-warganya," kata Anies.

Menurut dia, biaya membangun instalasi air bersih dan air minum memiliki ongkos yang sama. Dengan begitu, dia berkomitmen akan menghadirkan program yang sudah terealisasi di Kepulauan Seribu itu untuk diterapkan di Kota Batam.

Baca juga: Anies: Penting jaga kawasan maritim Indonesia dari kapal nelayan asing

"Karena sekarang membangun instalasi air bersih dengan air minum, harganya hampir sama. Bedanya apa? Air bersih itu tidak berbau, tidak berwarna; kalau air minum bisa langsung diminum air kerannya. Insyaallah nanti kami kembalikan program air bersih di sini (Batam)," jelas Anies.

Selain persoalan air bersih, Anies juga menyinggung masalah kebutuhan solar untuk para nelayan.

"Kemudian nelayan kita, ada di berbagai tempat. Saya jumpa dengan banyak nelayan. Mereka bilang kesulitan solar. Jadi, itu permasalahan solar di nelayan," ujar Anies.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN bocorkan program pembangunan infrastruktur kereta api
Baca juga: Di Batam, Anies: Prioritaskan perbaikan tata niaga kebutuhan pangan

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024