Medan (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Utara terus memberikan dukungan kepada Palestina dengan melalui membangun hubungan kerja sama di berbagai bidang antara lain ekonomi, pendidikan dan sosial.

Penjabat Gubernur Sumatera Utara Hassanudin mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu Palestina bukan hanya memberi bantuan saja tapi membangun hubungan kerja sama kedua pihak.

"Bukan hanya Sumut, tetapi Indonesia berkomitmen untuk membantu Palestina merdeka, kita akan membantu dengan kemampuan kita dan akan terus mempererat kerja sama dengan Palestina," ujar Hassanudin usai menerima kunjungan kehormatan Dubes Palestina Zuhair SM Al-Shun, di Medan, Jumat.

Dalam kunjungan tersebut, kata dia, ada beberapa permintaan Dubes Palestina Zuhair SM Al-Shun kepada Pemprov Sumut antara lain memberikan beasiswa kepada mahasiswa dan membantu pengungsi Palestina di Sumut.

Baca juga: NU Care-LazisNU kembali salurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina

Baca juga: BAZNAS RI masih buka donasi untuk Palestina


Dalam hal itu, Pj Gubernur Sumut akan berupaya membantu dengan berkoordinasi dengan pemangku kebijakan terkait untuk dapat meringankan beban masyarakat Palestina.

"Insya Allah, kita akan bantu, kita akan koordinasikan ke semua universitas Islam di Sumut, agar mereka bisa menempuh pendidikan di sini, begitu juga dengan pengungsi yang ada di sini, kita juga akan bantu,” kata Hassanudin.

Dubes Palestina Zuhair SM Al-Shun menyambut baik atas atas komitmen Indonesia dan Sumut dalam membela kemerdekaan Palestina.

Ia berharap, dengan pertemuan ini Pemprov Sumut dapat membantu sejumlah masyarakat Palestina yang ada di wilayah ini.

“Kami sangat berterima kasih kepada Indonesia dan Sumut, Indonesia saat ini posisinya sama dengan Afrika Selatan, mengeluarkan pernyataan kuat Palestina harus merdeka dan Israel harus dihukum,” kata Zuhair.

Pada kesempatan ini, Pemprov Sumut juga memberikan donasi sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat Palestina. Zuhair mengatakan akan meneruskan bantuan yang diberikan kepada rakyat Palestina yang membutuhkan.

“Kami akan teruskan bantuan ini bersama bantuan lain dari berbagai daerah di Indonesia untuk masyarakat yang membutuhkan dan untuk misi-misi kemanusiaan,” kata Zuhair.*

Baca juga: Laznas WIZ distribusi makanan untuk 830 orang di Rafah Palestina

Baca juga: Baznas targetkan penyaluran bantuan untuk Palestina Rp250 miliar

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024