Di dalam proses pendistribusian bantuan, kami juga berjejaring dengan lembaga kemanusiaan di Palestina
Jakarta (ANTARA) -
NU Care-LazisNU kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk masyarakat Palestina, yang pendistribusiannya melalui mitra lokal Althoure-Silwan Women Center (AWC), lembaga yang berbasis di Yerusalem.
 
Sekretaris LazisNU PBNU, Moesafa menyebut penyaluran bantuan kemanusiaan lewat AWC sudah dilakukan dalam dua tahap. AWC merupakan lembaga yang fokus pada penanganan perempuan dan anak-anak korban konflik di Palestina.
 
"Di dalam proses pendistribusian bantuan, kami juga berjejaring dengan lembaga kemanusiaan di Palestina, yaitu AWC. Dan sudah dua kali tahap penyaluran bantuan," kata Moesafa dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu.
 
Ia menjelaskan bantuan tahap pertama disalurkan pada awal hingga pertengahan November dan tahap kedua didistribusikan pada 16 Desember 2023 sampai 7 Januari 2024.
 
Moesafa berharap bantuan yang disalurkan NU Care-LazisNU dalam program NU Peduli Palestina dapat mengurangi penderitaan yang dialami rakyat Palestina.

Baca juga: Muslimat NU serahkan bantuan tahap ke dua untuk rakyat Palestina

Baca juga: NU Care-LAZISNU salurkan bantuan rakyat Indonesia ke Palestina
 
"Semoga yang kita lakukan bersama-sama ini bisa mengurangi penderitaan rakyat Palestina. Doa kami kepada pihak yang turut mendukung program NU Peduli Palestina ini, semoga mendapat balasan berlipat dan kebaikan dari Allah SWT," kata dia.
 
Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil mengatakan bantuan kemanusiaan akan terus disalurkan secara bertahap ke Palestina, atau penyaluran melihat keperluan mendesak yang dibutuhkan.
 
"Semoga semua ikhtiar kita dapat membersamai perjuangan saudara kita di Palestina, dan dalam waktu dekat kami juga akan mengirimkan bantuan ambulans yang saat ini sedang dalam proses," kata Qohari.
 
Pendistribusian bantuan kemanusiaan tahap kedua melalui AWC menyasar sejumlah titik di wilayah Gaza, Yerusalem, dan Tepi Barat.
 
Sementara itu, Direktur Eksekutif AWC, Abeer Zayyed, dalam laporannya menyebut bantuan yang disalurkan NU Care-LAZISNU sudah diterima oleh warga lebih dari 5.000 orang.
 
Adapun bentuk bantuannya berupa makanan siap santap, paket bahan makanan pokok, belasan ribu liter air bersih, hygiene kit, obat-obatan, paket nutrisi anak, serta paket bantuan untuk petugas Masjid Al-Aqsa di Yerusalem.
 
"Pada tahap pertama, air didistribusikan dalam bentuk tangki air besar, dan diberikan langsung kepada keluarga-keluarga. Makanan juga dimasak dan didistribusikan di area memasak, sementara bagian makanan lainnya didistribusikan di Rafah dan Khan Younis," kata Abeer.

Baca juga: NU Care-LazisNU salurkan bantuan untuk Palestina lewat TNI AL

Baca juga: NU Care-LazisNU salurkan bantuan makanan hingga air bersih di Gaza

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024