Semoga solidaritas ini menjadi penguat ibadah warga Palestina, khususnya di bulan Ramadhan ini. Mari terus dukung perjuangan rakyat Palestina
Jakarta (ANTARA) - Lembaga di bawah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), NU Care-LAZISNU, pada momentum bulan Ramadhan kali ini mendistribusikan bantuan berupa makanan, air bersih, hingga dukungan psikososial bagi warga dan anak-anak Palestina.
 
Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU PBNU, Qohari Cholil, menyampaikan bahwa pendistribusian bantuan dilakukan melalui dua lembaga mitra, yaitu Althoure-Silwan Women Center (AWC) yang berbasis di Yerusalem dan Gazze Destek Dernegi (GDD) atau Asosiasi Dukungan Gaza yang bermarkas di Istanbul, Turki.
 
"Alhamdulillah, NU Care-LAZISNU melalui AWC dan GDD di sepanjang dan penghujung Ramadhan ini, kembali menyalurkan bantuan berupa ribuan paket pangan serta makanan buka puasa dan sahur, air minum, belasan ribu liter air bersih, hingga dukungan atau kegiatan psikososial untuk anak-anak dan warga Palestina," kata Qohari dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.
 
Ia berharap bantuan tersebut dapat menguatkan rakyat Palestina, khususnya untuk menunaikan ibadah di bulan Ramadhan.
 
"Semoga solidaritas ini menjadi penguat ibadah warga Palestina, khususnya di bulan Ramadhan ini. Mari terus dukung perjuangan rakyat Palestina," ucapnya.
 
Ia juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kemenag RI, AWC, GDD, semua mitra dan donatur yang telah berkontribusi dalam program besar NU Peduli untuk membantu perjuangan rakyat Palestina.
 
Sementara itu, Direktur Eksekutif AWC, Abeer Zayyed dalam laporannya menyebut bahwa selama bulan Ramadhan terdapat 16.254 rakyat Palestina yang menerima bantuan dari NU Care-LAZISNU yang didistribusikan melalui AWC.
 
"Sebanyak 16.254 penerima manfaat itu tersebar di penjuru kota yang masih dapat ditinggali oleh rakyat Palestina, antara lain Gaza, Yerusalem, dan Rafah," tutur Abeer.

Baca juga: Menlu: Indonesia cari jalan untuk salurkan bantuan ke Palestina

Baca juga: Indonesia perkirakan bantuan Palestina-Sudan tiba di Mesir pada Kamis
 
Ia mengatakan, sejak hari pertama bulan Ramadhan, yaitu 11 Maret 2024, pendistribusian bantuan sudah dimulai di kamp-kamp pengungsian dan pendistribusian dilakukan pada periode bulan Ramadhan hingga Hari Raya Idul Fitri 1445 H.
 
Hingga saat ini, lanjutnya, bantuan yang sudah terdistribusi di sejumlah kamp pengungsian adalah makanan dan air bersih. Dalam waktu dekat, akan ada penyaluran paket lebaran dan program psikososial untuk anak-anak Palestina.
 
Sementara itu, Manajer Kemitraan Wilayah Asia Tenggara GDD, Faqihussyari, mencatat ada 1.452 paket pangan bantuan dari NU Care-LAZISNU untuk Palestina sudah diberangkatkan dengan truk kontainer dari gudang GDD di Ismailiyah, Mesir.
 
Truk tersebut diharapkan akan sampai ke Rafah dalam waktu 7-12 hari, tergantung perizinan yang ada di beberapa check-point dari Ismailiyah Mesir sampai Rafah.
 
Pihaknya pun merinci satu paket bantuan dari NU Care-LAZISNU berisikan kurma, beras Mesir, manisan, selai kacang, daging sapi kaleng, keju, saus tomat, spaghetti, pembalut wanita, keju kuning, tuna kaleng, teh, gula, hums, garam, dan tepung.
 
"Setelah sampai di Rafah, bantuan paket pangan itu akan didistribusikan oleh tim kami yang sudah ada di dalam Gaza," ujarnya.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024