New Delhi (ANTARA News) - Ketua Partai Kongres yang berkuasa di India, Sonia Gandhi, dirawat di rumah sakit Senin malam karena menderita demam, kata seorang pejabat partai itu.

Sonia, yang beberapa jam sebelumnya mendesak parlemen agar meloloskan sebuah rencana unggulan yang menawarkan makanan bersubsidi kepada penduduk miskin, dibawa ke rumah sakit utama AIIMS di New Delhi, ibu kota India, lapor AFP.

"Ibu (Sonia) terserang demam," kata anggota parlemen utama Kongres, Renuka Chowdhury, kepada saluran televisi Zee News, dengan menambahkan bahwa "ia perlu beristirahat".

Kesehatan Sonia (66) menjadi sorotan berita terakhir kali pada Agustus 2011 ketika ia pergi ke AS untuk menjalani operasi atas penyakit yang tidak diungkapkan, yang konon adalah kanker.

Kesehatan dan kehidupan pribadinya dijaga ketat oleh para penasihatnya.

Laporan-laporan televisi lain mengutip beberapa sumber tanpa nama yang mengatakan, Sonia mengeluhkan sakit di dada dan dirawat di rumah sakit sebagai langkah pengamanan.

Chowdhury mengatakan, Sonia "bekerja di bawah tekanan luar biasa, kalau tidak ia pasti baik-baik saja".

Senin larut malam, parlemen India meloloskan RUU Keamanan Pangan, yang dipelopori oleh ketua Kongres tersebut sebagai bagian dari perwujudan janji kampanye untuk pemilihan umum terakhir pada 2009.

Sonia terlihat meninggalkan gedung parlemen dengan didampingi putranya, yang mengawalnya hingga ke rumah sakit AIIMS, kata laporan-laporan.


Penerjemah: Memet Suratmadi

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013