Bandarlampung (ANTARA) - Sebanyak 25 ribu warga nahdliyin asal Provinsi Lampung menghadiri Harlah Ke-78 Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu.

"Setidaknya 25.000 jamaah dari 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung mengikuti gelaran harlah yang secara resmi dimulai pada Sabtu pagi," kata Ketua PWNU Lampung Puji Raharjo, dalam keterangannya di Bandarlampung, Sabtu.

Puluhan ribu jamaah itu diangkut menggunakan transportasi darat berupa bus, kendaraan pribadi, dan minibus yang diperkirakan mencapai lebih dari 1.000 unit.

Dirinya mengapresiasi atas banyaknya warga NU asal Lampung yang berangkat untuk mengikuti Harlah Muslimat NU. Puji juga menerangkan NU sekarang harus menjadi bagian yang menjaga republik ini supaya tetap kokoh berdiri di tengah transisi menjelang Indonesia Emas 2045.

"Saya tidak menduga antusias warga NU Lampung untuk meramaikan harlah ini sangat luar biasa. Sesuai dengan tema Harlah ke-101 NU dan ke-78 Muslimat NU, yakni mengawal kinerja dan memenangkan Indonesia di tengah transisi menjelang Indonesia Emas 2045. Mengawal Indonesia itu artinya kita sebagai warga bangsa yang sedang menjelang pemilu harus mengawal dinamika ini mengedepankan keutuhan NKRI," katanya menegaskan.

Baca juga: Khofifah: Tidak perlu menakar ke-NU-an seseorang

Baca juga: Harlah ke-78, Muslimat NU ucapkan ikrar tekan stunting di Indonesia


Pantauan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, seribuan kendaraan bus hingga kendaraan pribadi yang membawa warga NU memadati areal pelabuhan sejak Jumat (19/1) pagi hari.

Sejumlah petugas dari Polres Lampung Selatan tampak melakukan pengamanan serta memberikan arahan kepada setiap bus saat akan memasuki pelabuhan.

Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin mengatakan sejak Jumat hingga pukul 23.00 WIB masih banyak kendaraan yang membawa warga NU berdatangan ke Pelabuhan Bakauheni.

"Kami dari Polres Lampung Selatan akan memberikan pelayanan terutama pengamanan kepada setiap masyarakat yang akan melakukan penyeberangan melalui pelabuhan ini," ujar dia.

Meski begitu, dia menyatakan arus kendaraan dan penumpang di Pelabuhan Bakauheni masih dalam kondisi lancar.

"Untuk kondisi arus kendaraan sampai saat ini masih lancar," ujarnya pula.

Sementara itu sejumlah ibu-ibu yang kebanyakan lansia nampak begitu bersemangat untuk dapat hadir di acara Hari Kelahiran (Harlah) ke-78 Muslimat NU.

"Senang Mas dapat ikut rombongan, bangga rasanya bisa hadir," kata Aminah, warga Bandarlampung yang turut dalam rombongan dan ditemui dalam bus di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan.

Ahmad Rifai, salah seorang anggota Pemuda Ansor yang menjadi pembimbing warga NU asal Lampung Timur mengungkapkan bahwa masyarakat yang menyemarakkan Harlah Muslimat NU yang ia ketahui terdapat puluhan ribu orang.

"Ya mas, ini khusus Lampung Timur saja per kecamatan bisa 50 sampai 100-an orang ikut," kata Rifai.

Baca juga: Jokowi berperan besar bagi NU, Khofifah ucapkan terima kasih

Baca juga: Ratusan ribu anggota Muslimat NU ramaikan harlah ke-78 di GBK

   

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024