Jakarta (ANTARA) - Ratusan ribu jamaah Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) mengucapkan ikrar komitmen dalam menurunkan angka stunting di Indonesia dalam acara Hari Lahir (Harlah) Muslimat NU ke-78.
 
"Kali ini juga akan dibacakan ikrar komitmen Muslimat dalam menurunkan stunting," kata Ketua Umum Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa dalam acara tersebut di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu.
 
Satu, menyiapkan generasi emas untuk melahirkan SDM yang memiliki kompetensi dan berkualitas. Dua, Muslimat NU siap menjadi ibu asuh untuk menurunkan stunting di Indonesia.
 
Tiga, Muslimat NU telah melakukan langkah konkret melalui pengukuhan ibu asuh untuk anak terindikasi stunting, dan telah mendapatkan rekor MURI

Baca juga: PP Muslimat NU edukasi masyarakat terkait pengentasan stunting

Baca juga: Khofifah ajak PAC Muslimat NU se-Kabupaten Madiun jadi bunda asuh stunting

 
Empat, mengembangkan jejaring untuk percepatan penurunan stunting dan lima, menggerakkan semua potensi muslimat nu untuk pemenuhan kebutuhan melahirkan generasi kuat sehat dan berintegritas.
 
Deklarasi tersebut dibacakan oleh perwakilan pengurus NU di berbagai wilayah di Indonesia.
 
Selain dengan ikrar tersebut, Khofifah mengungkapkan pihaknya telah melakukan upaya dalam menekan angka stunting di masing-masing daerah.
 
"Kami sudah melakukannya melalui program ibu asuh penurunan stunting di masing-masing provinsi," ujarnya.
 
Ikrar tersebut, kata Khofifah, menegaskan komitmen Muslimat NU dalam membantu program pemerintah dalam menurunkan angka stunting menjadi 14 persen di Indonesia.
 
"Ibu-ibu sanggup? Alhamdulillah, mudah-mudahan semua urusan kita dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa Taala (SWT)," tutur Khofifah Indar Parawansa.

Baca juga: Muslimat NU bagi pengalaman turunkan stunting ke delegasi Asia-Afrika

Baca juga: Khofifah ajak Muslimat NU berperan aktif turunkan angka stunting

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024