Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto ingin anak dan cucu dari masyarakat Suku Dayak di Kalimantan mendapatkan pendidikan yang sebaik-baiknya.

Pernyataan itu dilontarkan Prabowo merespons harapan Pasukan Merah Tariu Borneo Bangkule Rajakng (TBBR) yang ditemuinya dalam Bahaupm Bide Bahana (silaturahmi) di Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu.

"Anak-anakmu, cucu-cucumu harus mendapat pendidikan yang sebaik-baiknya," kata Prabowo, sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta.

Prabowo mendaku dirinya telah menempuh sejumlah cara untuk memperjuangkan hak anak-anak Suku Dayak, salah satunya dengan meminta pertimbangan khusus bagi anak suku Dayak dalam seleksi masuk TNI.

"Saya sebagai Menteri Pertahanan sudah bicara dengan Komisi I DPR yang mengurus pertahanan. Waktu itu ada wakil dari Kalimantan minta untuk persyaratan masuk TNI supaya ada pertimbangan khusus untuk suku Dayak dan saya sudah mengatakan bahwa saya mendukung permintaan itu," katanya.

Baca juga: Prabowo bakal bangun SMA Taruna Nusantara di Kalimantan

Selain itu, Prabowo juga mengatakan bahwa Kalimantan memiliki banyak kekayaan yang harus dirasakan oleh semua rakyatnya. Oleh sebab itu, potensi tersebut harus dilestarikan supaya berusia panjang.

"Agar tanah leluhur saudara selalu dijaga, dilindungi, saudara dan keluargamu harus menikmati keadilan, harus menikmati kebaikan adat saudara," katanya.

Bagi Prabowo, masyarakat Dayak selalu memiliki kemurnian hati untuk membela Tanah Air. Dia juga mengenang pernah menjadi saksi betapa suku Dayak mendedikasikan hidupnya untuk negara.

"Saya saksi sendiri, beberapa sukarelawan Dayak tanpa gaji, tanpa surat keputusan, tanpa pangkat, berjuang bersama TNI. Berjuang bersama saya, sangat membantu saya, dan menyebabkan pasukan saya dinilai waktu itu sebagai pasukan tempur TNI yang terbaik," ujarnya.

Baca juga: Prabowo: Sumber daya alam tidak boleh dijual murah ke luar negeri

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Prabowo janji kerja keras berantas korupsi di Indonesia
Baca juga: Airlangga targetkan Prabowo-Gibran raih 60 persen suara di Jabar

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024