Bayern tidak tertandingi dalam melakukan serangan gencar sebagaimana layaknya tim asal Bavaria yang mengandalkan etos "kerja, kerja, kerja".
Freiburg (ANTARA News) - Bayern Muenchen melaju ke jenjang promosi Bundesliga pada 1965, sementara SC Freiburg mencapai jenjang promosi pada 1993. Kini keduanya beradu di haribaan laga sepak bola dengan mata uang tunggal saja yakni bekerja dan bekerja.

Bekerja dan bekerja, bukan berkoar-koar di panggung demi pencitraan diri dengan mengatasnamakan capaian melulu di atas kertas, menjadi roh duel dari dua klub Bundesliga itu.

Bayern Muenchen yang berjuluk "Die Roten" ditantang Freiburg yang berjuluk "Breisgau-Brasilianer" di Stadion Mage Solar, Freiburg, pada Selasa malam, pukul 23.30 WIB. Pertandingan akan ditayangkan oleh stasiun televisi swasta.

Freiburg bukan lawan enteng, setidaknya pasukan asuhan pelatih Christian Streich itu mengais dukungan tuan rumah, sementara balatentara pelatih Pep Guardiola baru saja mendulang kemenangan dalam laga derbi melawan FC Nuernberg, pada Sabtu (24/8).

Bayern besar kemungkinan tidak diperkuat oleh tiga pemain pilar, yakni  Holger Badstuber, Thiago Alcântara, dan Javier Martínez. Tinggal Mario Goetze, apakah relatif siap memperkuat "starting XI" mengingat ia selama tiga sampai empat pekan jauh dari fit. Ini artinya, Toni Kroos tampil melawan Freiburg.

Berbicara soal rotasi pemain, jika Guardiola bertekad memang merotasi sejumlah pemain, maka Ribery atau Arjen Robben akan dibangkucadangkan.

SC Freiburg telah lolos ke Liga Europa musim lalu. Bahtera tim ini relatif kuat, setidaknya tampak dalam tiga pertandingan terakhir, meskipun ada dua pemain yang diganjar kartu merah. Dua akumulasi kartu kuning diterima oleh Francis Coquelin dan kartu merah kepada Admir Mehmedi. Ini artinya kedua pemain ini terkena larangan bertanding.

Dengan sejumlah pemain yang absen itu, Streich menerapkan pola 4-4-2 musim ini, dengan menempatkah gelandang Karim Guede di depan, sementara ada sejumlah pemain muda yang siap bertarung, sebut saja Felix Klaus, Tim Albutat, atau Christopher Jullien.

Menghadapi situasi itu, Streich cenderung lebih menjaga kedalaman bagi skuadnya dan tidan terlalu bernafsu melakukan rotasi pemain.

Bayern tidak pernah kalah dari Freiburg sejak 9 Maret 1996. Kini, Bayern punya lini pertahanan membaja setiap kali menghadapi gempuran lawan. Apakah lini depan Freiburg mampu menembus barikade pertahanan tim asuhan Guardiola?

Komentar dua pelatih:

Pep Guardiola (Bayern Muenchen):

"Soal absennya dua pemain (Thiago Alcantara dan Javier Martinez), kami akan memutuskan (pada Senin malam), susunan pemain dalam pertandingan esok."

"Perlu dua bulan bagi Thiago agar pulih kemudian tampil bermain bersama kami lagi. Kami kehilangan dia. Dua bulan waktu yang panjang, ia kembali tampil pada pertengahan November."

"Franck (Ribery) membuat penampilan tim kami berbeda manakala memenangi sejumlah gelar (musim lalu). Ia pemain hebat dan pemain berkualitas. Ia bakal berada di sini selama enam tahun."

"Selama dua bulan saya berada di sini, saya menyaksikan benar hebatnya penampilan Franck. Ia pemain yang lapar gelar, dan saya berharap ia tampil lepas dalam pertandingan nanti."

Christian Streich (Freiburg):
"Apa yang membuat kami bergairah? Kami menghadapi laga Bundesliga melawan Bayern Muenchen. Kami benar-benar tertantang, kami langsung menata diri dan ingin memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin."

"Bayern akan fokus secara menyeluruh. Mereka tidak ingin mendulang kekalahan dan kehilangan gelar karena kalah dari Freiburg."

"Apakah kami mampu bertanding baik nanti? Kami tampil normal-normal saja karena tim yang kami hadapi Bayern Muenchen. Melawan mereka, kami perlu punya keberanian dan pandangan yang positif."

Prakiraan susunan pemain:   

Freiburg (4-4-2):
Baumann (penjaga gawang), Mujdza, Diagne, Ginter, Sorg, Schuster, Fernandes, Schmid, Kerk, Guedé, Freis

Bayern Muenchen (4-1-4-1):
Neuer (penjaga gawang), Lahm, van Buyten, Dante, Alaba, Schweinsteiger, Robben, Mueller, Kroos, Ribery, Pizarro

Pemain andalan kedua tim:

Matthias Ginter (Freiburg):
Pemain ini lulusan akademi Freiburg. Ginter secara reguler masuk memperkuat tim ini sejak usianya 18 tahun. Ia digadang-gadang bakal menjadi bek tengah masa depan timnas U-21 Jerman. Memasuki musim 2013-2014, penampilannya kian gemerlap.

Masa depan cerah bakal ia songsong. Pertemuannya dengan tim sekelas Bayern Muenchen menjadi kesempatan baik mengasah kemampuannya.

Mario Goetze (Bayern Muenchen):
Pemain yang dikontrak dengan bayaran senilai 37 juta euro ini bakal melakukan debutnya, meski ia terkesan tidak terlalu "diandalkan" oleh Guardiola.

Goetze dapat melesat bak meteor di jagat bola sedunia sebagai pemain yang bertalenta luar biasa. Tinggal menanti saatnya, karena klub yang ia huni sekarang yakni Bayern Muenchen. Akankah ia akan memporakporandakan pertahanan Freiburg? Waktu yang akan berbicara.      

 Prediksi hasil laga (Goal.com):
* SC Freiburg 0-2 FC Bayern Muenchen (18,62 persen)
* SC Freiburg 0-3 FC Bayern Muenchen (18,32 persen)
* SC Freiburg 0-4 FC Bayern Muenchen (12,31 persen)

Head to Head:

Bundesliga (GER1)
27 Apr 2013     FC Bayern München 1 - SC Freiburg 0     
28 Nov 2012     SC Freiburg 0 - FC Bayern Muenchen 2     
18 Feb 2012     SC Freiburg 0 - FC Bayern Muenchen 0     
10 Sep 2011     FC Bayern Muenchen 7 - SC Freiburg 0     
19 Mar 2011     SC Freiburg 1 - FC Bayern München 2     
     
Lima laga terakhir:

SC Freiburg

24 Aug 2013    TSG 1899 Hoffenheim 3 - SC Freiburg 3    GER1
17 Aug 2013    SC Freiburg 1 - 1. FSV Mainz 05 2    GER1
10 Aug 2013    Bayer Leverkusen 3 - SC Freiburg 1    GER1
3 Aug 2013    TSG Neustrelitz 0 - SC Freiburg 2    GERC
27 Jul 2013    SC Freiburg 0 - Athletic de Bilbao 0    FRC

FC Bayern Muenchen
24 Aug 2013    FC Bayern Muenchen 2 - 1. FC Nuernberg 0    GER1
17 Aug 2013    Eintracht Frankfurt 0 - FC Bayern Muenchen 1    GER1
9 Aug 2013    FC Bayern Muenchen 3 - B. Mönchengladbach 1    GER1
5 Aug 2013    BSV SW Rehden 0 - FC Bayern Muenchen 5    GERC
1 Aug 2013    Manchester City 1 - FC Bayern Muenchen 2    FRC

Narasi prediksi:
* Masih perlu proses panjang bagi Freiburg untuk mengimbangi Bayern Muenchen yang kian tampil digdaya. dari komposisi pemain, Freiburg masih perlu membenahi diri dan mengasah ketajaman naluri mencetak gol ke gawang lawan.
* Streich yang membawa Freiburg mampu finis di posisi kelima klasemen Bundesliga musim lalu, punya sejumlah pemain kunci, sebut saja Max Kruse, Cedric Makiadi, Jan Rosenthal dan Daniel Caligiuri. Sayangnya, pemain-pemain ini telah hengkang dari Freiburg.
* Penampilan Bayern sedang ngebut, siap melindas setiap lawan. Bayern tidak tertandingi dalam melakukan serangan gencar sebagaimana layaknya tim asal Bavaria yang mengandalkan etos "kerja, kerja, kerja".

Prediksi editor Antaranews.com:
Freiburg: 0
Bayern Muenchen: 3      
 

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013