Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo berharap Pemerintah Provinsi DKI menyediakan forum komunikasi demi
​​​​​​mewujudkan pemilu yang kondusif.

"Forum-forum komunikasi harus dilaksanakan secara intensif," kata Rio kepada wartawan di Jakarta, Minggu.

Dia mencontohkan, pada Pemilu 2019 terdapat “Rumah Pemilu” di setiap wilayah Jakarta yang beranggotakan peserta pemilu. Forum itu diinisiasi dan difasilitasi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Forum ini tujuannya untuk memperkenalkan program-program penunjang demi terciptanya pemilu yang kondusif.

Baca juga: Pemprov DKI beri waktu satu minggu peserta pemilu rapikan alat peraga
Baca juga: Bawaslu DKI imbau pemasangan alat peraga kampanye sesuai ketentuan KPU


Selain itu, tegas dia, seluruh perangkat negara harus bersiap dan membangun komunikasi yang kuat di seluruh lapisan masyarakat. Termasuk memberikan ruang partisipasi bagi masyarakat untuk menginformasikan perkembangan situasi dan kondisi terkini.

"Masyarakat banyak yang ingin menyampaikan sesuatu tentang situasi di lapangan tetapi tersumbat dengan kemana harus disampaikan informasi ini," ungkapnya.

Karena itu, dengan adanya pengaduan maka pemerintah bisa mengantisipasi jika ditemukan ada masalah di lapangan. “Makin dekat pengaduan itu maka makin kita bisa melakukan antisipasi,” katanya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin lskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024