Doha (ANTARA) - Perjuangan timnas sepak bola Indonesia di ajang Piala Asia 2023 masih menyisakan satu pertandingan pekan depan dengan menghadapi raksasa Asia Jepang, Rabu (24/1).

Dari dua pertandingan penyisihan Grup D yang telah dimainkan, Indonesia sudah memetik satu kemenangan saat menghadapi Vietnam pada pertandingan kedua. Sedangkan pada pertandingan pembuka melawan Irak, kesebelasan asuhan coach Shin Tae-yong itu tidak mengakhiri permainan dengan positif.

Perlawanan yang diberikan Indonesia belum mampu mendobrak kekuatan Irak yang jauh lebih unggul secara peringkat FIFA. Indonesia hanya mampu mencetak satu gol balasan terhadap tim berjuluk Singa Mesopotamia itu, sebelum akhirnya menepi dengan skor akhir 1-3.

Keberuntungan akhirnya berpihak pada Indonesia pada pertandingan kedua. Kemenangan Skuad Garuda atas Vietnam diraih dengan skor tipis 1-0, yang diraih berkat hadiah penalti yang sukses dieksekusi oleh Asnawi Mangkualam.

Kemenangan Indonesia itu memastikan nasib Vietnam yang menjadi tim pertama yang tersingkir dari fase penyisihan grup meski belum masuk pada pekan match day 3.

Di sisi lain, Indonesia yang kini mengantongi tiga poin kemenangan, namun secara statistik belum dipastikan aman melaju ke babak 16 besar di turnamen sepak bola terakbar di Benua Asia tersebut.

Hingga hari ini, Minggu, Indonesia berada di peringkat kedua dalam klasemen sementara tim peringkat ketiga.

Berdasarkan data di laman resmi AFC, Indonesia berada di bawah Bahrain yang sama-sama memiliki tiga poin pertandingan.

Baca juga: Erick puas dengan kemenangan perdana Indonesia di Piala Asia 2023
Baca juga: Ivar optimistis Indonesia bisa keluar dari fase grup Piala Asia 2023

Selanjutnya: Indikator penilaian

Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024