Kegiatan ini merupakan program Pemprov Kalteng untuk mengurangi beban masyarakat sekaligus pengendalian inflasi melalui gelaran pasar penyeimbang
Sampit (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) membagikan ribuan paket sembako gratis untuk masyarakat di empat kecamatan sekaligus yang ada di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Minggu (21/1).

Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur Edy Pratowo, Minggu (21/1) membuka dan meninjau kegiatan secara langsung yang terbagi pada beberapa titik tersebut.
 
"Kegiatan ini merupakan program Pemprov Kalteng untuk mengurangi beban masyarakat sekaligus pengendalian inflasi melalui gelaran pasar penyeimbang," kata Wakil Gubernur Edy Pratowo.

Baca juga: Gubernur Kalteng bagikan 4.000 paket sembako di Kotim
 
Kegiatan pertama berlokasi di Kantor Kelurahan Baamang Tengah, Kecamatan Baamang yang menyediakan 4.500 paket sembako senilai Rp150 ribu per paket yang disubsidi Pemprov Kalteng sebesar Rp130 ribu, sehingga harganya menjadi Rp20 ribu.
 
"Namun demikian, Bapak Gubernur memberikan subsidi lagi secara pribadi senilai Rp20 ribu per paket, sehingga paket sembako ini gratis," jelasnya.
 
Kegiatan kedua berlokasi di Kantor Kelurahan Ketapang, Kecamatan Ketapang. Sama seperti sebelumnya, juga disediakan 4.500 paket sembako senilai Rp150 ribu per paket dengan subsidi pemprov sebesar Rp130 ribu dan subsidi pribadi gubernur senilai Rp20 ribu per paket, sehingga paket sembako kembali gratis untuk masyarakat.
 
Kemudian lokasi lainnya yakni digelar di Desa Tarantang, Kecamatan Saranau sebanyak 5.000 paket sembako dan Kantor Kecamatan Mentaya Hilir Selatan sebanyak 4.000 paket sembako. Paket sembako di kedua lokasi ini pun juga digratiskan setelah disubsidi pemprov maupun subsidi gubernur. Diketahui paket sembako terdiri dari beras, minyak goreng dan beberapa pangan jenis lainnya.

Baca juga: Sandiaga: Ganjar-Mahfud berkomitmen beri harga sembako merakyat
 
"Melalui pelaksanaan program dan kegiatan ini Bapak Gubernur ingin memastikan kebutuhan pokok masyarakat di sini tercukupi," jelasnya.
 
Sementara itu, Gubernur Sugianto Sabran berharap dengan bantuan sembako ini bisa meringankan beban ekonomi masyarakat di Kotim.
 
"Dalam keadaan apapun pemerintah wajib hadir di tengah-tengah masyarakat, terlebih saat masyarakat tengah kesusahan, baik akibat inflasi, bencana alam, dan lainnya," tuturnya.
 
Lebih lanjut dia juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terutama terhadap cuaca ekstrem, terlebih saat ini Kalteng sedang mengalami banjir di beberapa wilayah.
 
Dalam rangkaian kegiatan kerjanya tersebut, gubernur juga memberikan hadiah paket umroh untuk dua orang lansia dan juga memberikan bantuan secara pribadi berupa uang tunai kepada beberapa orang warga tidak mampu yang ditemuinya untuk modal usaha mereka.

Baca juga: Dinsos Lampung: Realisasi bansos sembako 2023 lebih dari 90 persen

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024