Semua masalah ini adalah tantangan zaman now yang membutuhkan solusi zaman now.
Jakarta (ANTARA) - Calon Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka dalam penghujung debat keempat Pilpres 2024 di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu, menegaskan bahwa pihaknya tidak akan pernah bosan membahas hilirisasi yang menjadi program prioritas pasangan Prabowo-Gibran.

"Saya tidak akan pernah bosan-bosan membahas hilirisasi. Dengan hilirisasi, Indonesia akan keluar dari middle-income trap," ujar Gibran saat menyampaikan pernyataan penutupnya dalam segmen keenam debat keempat Pilpres 2024.

Dengan hilirisasi, lanjut dia, Indonesia akan meningkatkan nilai tambah dalam negeri, akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

"Tentunya dalam pelaksanaan dipikirkan aspek lingkungan, keberlanjutan, dan dampak perubahan iklim makin nyata, banjir, kekeringan, kenaikan air laut. Ini ancaman nyata dan sudah di depan mata," ujarnya.

Bagi Gibran, persoalan krisis iklim merupakan tantangan kekinian yang membutuhkan solusi zaman now.

"Semua masalah ini adalah tantangan zaman now yang membutuhkan solusi zaman now. Tantangannya adalah bagaimana mencari titik tengah, titik keseimbangan, lanjutkan hilirisasi, tetapi wajib menjaga lingkungan, kemudian tingkatkan produktivitas pertanian, sektor maritim, tetapi wajib menjaga keseimbangan alam," kata Gibran.

Dalam kesempatan terakhir itu, dia menyanjung pasangannya, Prabowo Subianto, yang diyakini paling banyak melibatkan anak muda dalam prosesnya maju di Pilpres 2024. Gibran juga tidak lupa berterima kasih kepada dua rivalnya di panggung debat, Cawapres RI Muhaimin Iskandar dan Cawapres RI Mahfud Md.

"Terima kasih Prof. Mahfud dan Gus Muhaimin, semoga debat malam ini memberikan gambaran tentang ke mana arah bangsa ini akan melangkah. Sekali lagi, tantangan zaman now membutuhkan solusi zaman now, tentunya anak-anak zaman now perlu lebih banyak lagi dilibatkan. Terima kasih Pak Prabowo sebagai salah satu senior dan teladan yang paling banyak melibatkan anak-anak zaman now," ucap Gibran.

Ia juga sempat mengajak masyarakat Indonesia untuk menggunakan hak pilih mereka saat pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

"Langkah awal menuju Indonesia Emas, datang ke TPS (tempat pemungutan suara, red.), coblos nomor 2 Prabowo-Gibran," kata Gibran.

Baca juga: Gibran tanyakan "greenflation" ke Mahfud saat debat Pilpres 2024
Baca juga: Gibran cecar Muhaimin soal LFP


KPU RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

Selepas debat pertama pada tanggal 12 Desember 2023, debat kedua pada tanggal 22 Desember 2023, dan debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024, KPU menggelar debat keempat yang mempertemukan ketiga calon wakil presiden (cawapres).

Tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Untuk debat keempat, KPU menunjuk 11 ahli, praktisi, dan perwakilan dari organisasi masyarakat sipil sebagai panelis, di antaranya Prof. Sulistyowati Irianto (Guru Besar Antropologi Hukum Universitas Indonesia), Prof. Hariadi Kartodihardjo (Ahli Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup/Guru Besar Fakultas Kehutanan dan Lingkungan IPB), dan Dewi Kartika (Ahli Agraria/Sekretaris Jenderal Konsorsium Pembaruan Agraria).

Berikutnya, Fabby Tumiwa (Ahli Transisi Energi/Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform), Prof. Arif Satria (Ahli Ekologi Politik/Rektor Institut Pertanian Bogor), Rukka Sombolinggi (Sekretaris Jenderal Aliansi Masyarakat Adat Nusantara), dan Tubagus Furqon Sofhani (Ahli Perencanaan Wilayah dan Pedesaan Institut Teknologi Bandung).

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024